Kompas TV video sinau

Kenapa Parfum Mobil Bikin Mabuk Darat ?

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 18:00 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Mengalami mabuk  membuat perjalanan menjadi terganggu, saat mabuk perjalanan organ sensorik tubuh kita mentransfer berbagai sinyal ke otak yang memicu mual, pusing dan muntah.

Penyebab mabuk perjalanan biasannya gara-gara bermain ponsel atau membaca dalam kendaraan yang sedang melaju, atau memang memiliki riwayat mabuk perjalanan.

Beberapa waktu lalu juga ramai soal parfum mobil yang bisa menyebabkan pusing, mual, atau mabuk perjalanan.

Padahal seharusnya kabin mobil yang segar dan wangi bisa membuat berkendara jadi lebih nyaman. Selain itu dapat membuat kesan kendaraan bersih dan menghilangkan aroma tak sedap di dalam kabin.

Tapi sayangnya tidak semua orang nyaman dengan aroma wewangian yang ada di dalam mobil, pewangi mobil justru kerap menjadi pemicu penumpang mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan adalah kondisi seperti muka pucat, perut tidak enak, keringat dingin, mual, muntah, ketika dalam perjalanan menggunakan mobil atau kendaraan lain.

Aroma pewangi mobil yang terus dicium penumpang selama perjalanan akan mempengaruhi kondisi tubuh.

Melansir KOMPAS.com  penyebab seseorang mual ketika mencium parfum adalah, Ketidakmampuan untuk membiasakan diri dengan bau.

Pewangi mobil yang tercium terus menerus membuat gelisah dan mabuk kendaraan, karena pada dasarnya hidung membutuhkan udara segar alami.

Udara segar alami umumnya tidak berbau, ketika hidung terlalu lama mencium aroma tertentu dapat mengganggu sistem saraf dan aliran darah. Karena indera penciuman berhubungan dengan sistem saraf dan peredaran darah kita.

Baca Juga: Penyebab Mabuk Perjalanan dan Cara Mencegahnya

https://www.kompas.tv/article/215466/penyebab-mabuk-perjalanan-dan-cara-mencegahnya 

Video Editor & Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x