Kompas TV internasional kompas dunia

China Kembali Provokasi Taiwan, Kirim 39 Pesawat Tempur ke Area Udara Lawan

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 08:52 WIB
china-kembali-provokasi-taiwan-kirim-39-pesawat-tempur-ke-area-udara-lawan
Jet tempur F-16 Taiwan terlihat membayangi pesawat pengebom China (Sumber: Taiwan Defence Ministry via France24)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

TAIPEI, KOMPAS.TV - Taiwan kembali melaporkan usaha China untuk memprovokasi mereka dengan mengirimkan 39 pesawat tempur ke wilayah udara mereka.

Taiwan melaporkan ke-39 pesawat tempur, termasuk pesawat pengebom terdeteksi di barat daya Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan.

ADIZ Taiwan tidak sama dengan wilayah udara territorial, tetapi merupakan wilayah udara yang dideklarasikan sendiri dan dipantau untuk tujuan keamanan.

Dikutip dari DW, Kementerian Pertahanan Taiwan menegaskan 34 jet tempur dan H-6 bomber ada di antara pesawat tempur yang memasuki wilayah mereka.

Baca Juga: Selandia Baru Masuk Zona Merah akibat Lonjakan Kasus Omicron

Seperti dalam jejak penerbangan yang diposting pejabat kementerian secara online, pesawat tempur China terbang ke sebelah utara Taiwan, Kepulauan Pratas.

Taiwan pun mengirimkan jet tempur mereka, dan memberikan peringatan, serta menyiapkan sistem rudal pertahanan udara untuk memeriksa aktivitas itu.

Provokasi China itu menjadi yang terbesar sejak Oktober 2021, ketika 56 pesawat China dilaporkan memasuki ADIZ.

Pada November, China kembali mengirimkan 27 pesawat ke ADIZ Taiwan.

Baca Juga: Mengerikan, Ada 124 Ular di Dalam Rumah Seorang Pria yang Tewas

Taiwan pun telah mengeluhkan beberapa bulan terakhir terhadap usaha provokasi Angkatan Udara China tersebut, khususnya di dekat Pulau Pratas yang dikuasai Taipei.

Kepala Pertahanan Taiwan pun telah menuduh Beijing melakukan taktik “zona abu-abu”, untuk meningkatkan tekanan terhadap militer Taiwan.

China hingga saat ini masih meyakini bahwa Taiwan merupakan bagian dari mereka, dan menganggapnya sebagai provinsi yang melarikan diri.

Sedangkan Taiwan menegaskan bahwa mereka merupakan negara yang merdeka dan berdaulat.



Sumber : DW

BERITA LAINNYA



Close Ads x