Kompas TV nasional update corona

Melonjak Drastis, Keterisian Tempat Tidur Isolasi Pasien Covid-19 Jakarta Sentuh 31 Persen

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 13:15 WIB
melonjak-drastis-keterisian-tempat-tidur-isolasi-pasien-covid-19-jakarta-sentuh-31-persen
Petugas mendorong tabung oksigen saat menyiapkan ruangan perawatan pada Tower 8 Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, Selasa (15/6/2021) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mengatakan, saat ini, keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di wilayah Jakarta, mengalami peningkatan hingga angka 31 persen. 

"(BOR) sudah mencapai 31 persen ini peningkatan yang cukup signifikan dari sebelumnya 20 persen," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (24/1/22). 

Artinya, kata Riza, dari total 3.616 tempat tidur, sudah terpakai sebanyak 1.115 tempat tidur. 

Keterisian tempat tidur di ruang perawatan intensif atau ICU juga mengalami peningkatan meskipun tidak signifikan. 

"ICU-nya (dari) 610 terpakai 51. Artinya (terisi) 8 persen," kata Riza. 

Baca Juga: Lonjakan Covid-19 Jakarta, Kasus Aktif Tembus 9.000 Orang, Positivity Rate Lewati Batas WHO

Riza mengatakan, lonjakan ini salah satunya dipicu oleh varian Omicron yang memiliki tingkat penularan lebih tinggi. Ia meminta agar masyarakat Jakarta tidak lengah dan tetap waspada. 

Saat ini, tercatat ada 1.313 kasus Omicron di Jakarta dengan rincian 854 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 459 lainnya adalah transmisi lokal. 

Peningkatan BOR di Jakarta juga beriringan dengan jumlah kasus aktif yang terus meningkat. 

Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Minggu (23/1/22), mencatat, tambahan kasus aktif Covid-19 sebanyak 1.217 kasus sehingga total jumlah kasus aktif kini sebanyak 9.057 (orang yang masih dirawat/isolasi). 

"Perlu digarisbawahi bahwa 7.166 orang dari jumlah kasus aktif (79 persen) merupakan transmisi lokal, sedangkan sisanya adalah pelaku perjalanan luar negeri," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia, dalam keterangan tertulis, Minggu.

Baca Juga: Ini 5 Daerah Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak, Nomor Satu DKI Jakarta

Sementara itu, kasus positif baru bertambah sebanyak 1.739 orang dari total 19.130 orang yang dilakukan tes PCR pada Minggu.

"Yang mana 1.460 di antaranya juga merupakan transmisi lokal," kata Dwi. 

Positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta juga mengalami peningkatan yakni sebesar 6,6 persen.

Persentase ini sudah melebihi batas Badan Kesehatan Dunia atau WHO yang menetapkan standar positivity rate tidak boleh lebih dari 5 persen. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x