Kompas TV internasional kompas dunia

Pertemuan Oslo: Taliban Minta Pencairan Aset 10 Miliar Dolar, Barat Tuntut Jaminan Hak Perempuan

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 18:13 WIB
pertemuan-oslo-taliban-minta-pencairan-aset-10-miliar-dolar-barat-tuntut-jaminan-hak-perempuan
Perwakilan negara-negara Barat dan delegasi Taliban bersiap melakukan perundingan di sebuah hotel di Oslo, Norwegia, Senin (24/1/2022). (Sumber: Stian Lysberg Solum/NTB via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

OSLO, KOMPAS.TV - Delegasi Taliban bertemu dengan diplomat negara-negara Barat di Oslo, Norwegia pada Minggu (23/1/2022) hingga Selasa (25/1). Ini adalah kunjungan resmi pertama Taliban ke Eropa usai menguasai Afghanistan pada Agustus 2021 lalu.

Delegasi Taliban dipimpin oleh menteri luar negeri interim, Amir Khan Muttaqi, dan tiba di Norwegia pada Sabtu (22/1) malam waktu setempat.

Menurut laporan Associated Press, masing-masing pihak membawa agenda utama ke meja perundingan.

Taliban meminta pencairan aset untuk memerintah Afghanistan, sedangkan Barat mendesakkan agenda hak perempuan dan minoritas.

Hampir 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS) aset negara Afghanistan dibekukan AS dan sekutunya sejak kudeta pada Agustus 2021 lalu.

Baca Juga: Taliban Memohon Negara Islam Mengakui Pemerintahannya di Afghanistan

Pembekuan aset itu memperparah krisis ekonomi yang dihadapi Afghanistan. Diperkirakan sekitar 38 juta orang di negara itu hidup di bawah garis kemiskinan.

“Kami meminta mereka untuk mencairkan aset Afghan dan tidak menghukum rakyat jelata Afghanistan karena masalah politik,” kata salah satu delegasi Taliban, Shafiullah Azam, pada Minggu (23/1) malam waktu setempat.

“Karena kelaparan, karena musim dingin yang mematikan, saya pikir ini waktunya komunitas internasional mendukung Afghanistan, tidak menghukum mereka karena pertentangan politik,” imbuhnya.

Jelang pertemuan, diplomat Barat sempat menemui aktivis perempuan dan hak asasi manusia Afghanistan. Mereka juga meminta pendapat diaspora tentang tuntutan warga Afghanistan dan situasi di negaranya.

Selain Norwegia, pertemuan dengan Taliban dihadiri oleh utusan dari Uni Eropa, Inggris Raya, Prancis, Italia, dan AS.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.