Kompas TV nasional berita utama

Jokowi soal Perjanjian FIR dengan Singapura: Jakarta akan Melingkupi Udara Teritorial Indonesia

Kompas.tv - 25 Januari 2022, 16:09 WIB
jokowi-soal-perjanjian-fir-dengan-singapura-jakarta-akan-melingkupi-udara-teritorial-indonesia
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Singaputa Lee Hsien Loong di The Sanchaya Resort Bintan. (Sumber: Agus Suparto)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

BINTAN, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia dan Singapura menyetujui perjanjian flight information region (FIR) atau pelayanan ruang udara.

Sesuai perjanjian flight information region (FIR), saat ini ruang lingkup pelayanan ruang udara Jakarta akan melingkupi teritorial Indonesia, termasuk di perairan sekitar kepulauan Riau dan kepulauan Natuna

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi terkait pertemuannya dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam Leaders’ Retreat Indonesia-Singapura, Selasa (25/1/2022).

“Sementara dengan penandatanganan perjanjian Fir maka ruang lingkup Fir Jakarta akan melingkupi seluruh udara teritorial Indonesia terutama di perairan sekitar kepulauan Riau dan kepulauan Natuna,” ucap Jokowi.

“Ke depan diharapkan kerjasama penegakan hukum Keselamatan Penerbangan dan pertahanan keamanan kedua negara dapat terus diperkuat berdasarkan prinsip saling menguntungkan,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Katakan Singapura Investor Terbesar di Indonesia: Ada Investasi Baru 9,2 Miliar Dollar

Selain itu, Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut menuturkan Indonesia dan Singapura juga melakukan perjanjian ektradisi.

“Untuk perjanjian ekstradisi dalam perjanjian yang baru ini masa retroaktif diperpanjang dari semula 15 tahun menjadi 18 tahun Sesuai dengan pasal 78 KUHP,” ucapnya.

Jokowi menambahkan, dalam pertemuan Indonesia dan Singapura juga disepakati untuk  melakukan kerjasama pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.

Menurutnya, kerjasama di bidang SDM ini telah menjadi komitmen kedua negara sejak beberapa tahun yang lalu.

“Untuk tahun 2022 akan dilakukan pelatihan SDM antara Singapura dan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk penguatan kapasitas di bidang food industry, point zero dan supply chain,” ucap Presiden Jokowi.

Dalam penuturannya, Presiden menilai kerjasama seperti ini dapat dikembangkan lebih lanjut di berbagai daerah.

Untuk skala lebih besar, Presiden Jokowi pun menyambut baik rencana penandatanganan MOU Human Capital Partnership Arangement.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu PM Singapura di Bintan, Tandatangani Sejumlah Nota Kesepahaman

“MOU ini akan memperkuat kerjasama riset dan penguatan kelembagaan dan pertukaran mahasiswa dalam rangka memperkokoh kampus merdeka di Indonesia,” ujarnya.

Kemudian terkait penanganan Covid-19, Presiden Jokowi menambahkan Indonesia dan Singapura saat ini juga sedang memfinalisasi kerjasama pengakuan vaksin dan penyelarasan interoperabilitas platform pelacakan dan perlindungan yang dimiliki kedua negara

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga menyambut baik sejumlah kesepakatan antara Indonesia dan Singapura di bidang politik hukum dan keamanan.

“Tercapainya sejumlah kesepakatan antara kedua negara exchange of letters antara menteri koordinator bidang maritim dan investasi Republik Indonesia dan menteri koordinasi untuk keamanan nasional Singapura,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x