Kompas TV regional berita daerah

Duta Baca Indonesia Safari Literasi ke Tegal

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:06 WIB

Penulis : KompasTV Pekalongan

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Hal itu disampaikan Duta Baca Indonesia, Heri Hendrayana Harris, atau lebih akrab dengan nama Gol A Gong, usai menggelar safari literasi di Mapolres Tegal Kota, Jumat siang. 

 

Safari literasi merupakan upaya menumbuhkan budaya menulis dan membaca, serta meningkatkan indeks literasi masyarakat, dengan mengangkat tema membumikan literasi. 

 

Gol A Gong menyebut, jika di Tegal banyak sekali penulis, dan dirinya sudah sering ke Kota Tegal, bahkan ikut menulis di kumpulan puisi negeri poci, yang merupakan kumpulan puisi para sastrawan di Indonesia. Negeri poci merujuk pada sebutan Tegal, yang terkenal sebagai sentra teh, yang biasa untuk jamuan minum menggunakan poci.

 

Ia menuturkan, selain silaturahim, sekaligus ingin Kota Tegal menjadi bagian dari kegiatan safari literasi, apalagi Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Tegal bahkan menerbitkan buku. 

 

Duta Baca Indonesia ingin perpustakaan di Kota Tegal, bisa menjadi dicontoh semua dinas perpustakaan di Indonesia. Digelarnya Safari literasi, karena Kapolresnya ternyata sangat respek dengan literasi.

 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, bangga dan sangat bahagia karena safari literasi singgah di Kota Tegal. Terlebih karena tempatnya di Polres Tegal Kota. 

 

Rencananya Duta Baca Indonesia, Gol A Gong akan berkunjung ke sejumlah desa di Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Safari literasi duta baca Indonesia dan perpustakaan nasional RI, bakal berlangsung selama tiga bulan mulai 18 januari hingga 2 April 2022.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x