Kompas TV internasional kompas dunia

Jet Tempur F-35C Jatuh dari Kapal Induk di Laut China Selatan, AS Gelar Operasi Pengangkatan

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 15:07 WIB
jet-tempur-f-35c-jatuh-dari-kapal-induk-di-laut-china-selatan-as-gelar-operasi-pengangkatan
Kapal Induk USS Carl Vinson di perairan Hawaii. Angkatan Laut Amerika Serikat hari Selasa (25/1/2022) mengatakan mereka sedang berupaya mengevakuasi pesawat tempur F-35C yang jatuh ke Laut China Selatan setelah kecelakaan pendaratan minggu ini (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Angkatan Laut Amerika Serikat hari Selasa (25/1/2022) mengatakan mereka sedang berupaya mengevakuasi pesawat tempur F-35C yang jatuh ke Laut China Selatan setelah kecelakaan pendaratan minggu ini, seperti dilansir Straits Times, Rabu, (26/1/2022)

Tujuh tentara terluka dalam kecelakaan hari Senin di dek kapal induk USS Carl Vinson sementara pilot F-35C terlempar, kata Angkatan Laut Amerika Serikat.

"Saya dapat memastikan pesawat itu menabrak dek penerbangan saat mendarat dan kemudian jatuh ke air," kata Letnan Nicholas Lingo, juru bicara Armada ke-7 AS. “Angkatan Laut AS sedang membuat pengaturan operasi pengangkatan pesawat F-35C.”

Ditanya tentang laporan media tanpa sumber yang menunjukkan ada kekhawatiran bahwa pesawat itu bisa jatuh ke tangan China, yang mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, Lt Lingo menjawab diplomatis. "Kami tidak bisa berspekulasi tentang apa yang niat RRT (China) pada masalah ini."

Itu adalah kecelakaan kedua yang melibatkan F-35 dan kapal induk hanya dalam waktu dua bulan.

Sebuah jet F-35 Inggris dari kapal induk HMS Ratu Elizabeth jatuh ke Laut Mediterania pada bulan November, meskipun pilot terlontar dan selamat kembali ke kapal. Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pesawat yang jatuh berhasil ditemukan.

Baca Juga: Amerika Serikat Paparkan Secara Terperinci Kesalahan Klaim China atas Laut China Selatan

Seorang kru kapal induk tengah memberi aba-aba pada jet tempur F-35 untuk lepas landas di atas kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth di Laut Mediterania pada Minggu (20/6/2021). (Sumber: AP Photo/Petros Karadjias)

Awal bulan ini, pesawat tempur F-35A Korea Selatan melakukan pendaratan darurat selama pelatihan.

Pada April 2019, sebuah pesawat tempur siluman F-35 Jepang jatuh di Samudra Pasifik dekat Jepang utara, menewaskan pilotnya.

Angkatan Laut AS mengatakan pilot berhasil melontarkan diri dengan selamat dalam insiden Senin, tetapi termasuk di antara personel yang terluka.

Pentagon mengatakan dua Carrier Strike Groups atau Grup Serbu Kapal Induk, yang dipimpin oleh USS Carl Vinson dan USS Abraham Lincoln, mulai beroperasi di Laut China Selatan pada Minggu.

Mereka memasuki laut yang disengketakan untuk pelatihan ketika Taiwan melaporkan serangan baru angkatan udara China di atas jalur teritorial perairan mereka..

Lockheed Martin, yang membuat jet F-35, pada hari Selasa, (26/1/2022) melaporkan laba kuartalan yang lebih baik dari perkiraan.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x