Kompas TV internasional kompas dunia

PM Kamboja Hun Sen Desak Myanmar Buka Akses Bantuan Kemanusiaan dan Kunjungan Utusan Khusus ASEAN

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 05:47 WIB
pm-kamboja-hun-sen-desak-myanmar-buka-akses-bantuan-kemanusiaan-dan-kunjungan-utusan-khusus-asean
Hun Sen sebagai ketua ASEAN menggelar panggilan video dengan orang kuat militer Min Aung Hlaing dan memintanya untuk mengikuti kesepakatan lima poin untuk mengatasi konflik Myanmar, kata Kao Kim Hourn, sekretaris negara di kementerian luar negeri Kamboja, Rabu, (26/1/2022) (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mendesak penguasa militer Myanmar untuk mengizinkan kunjungan utusan khusus Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ASEAN dan mendukung akses bantuan kemanusiaan, kata seorang pejabat Kamboja, Rabu (26/1/2022) seperti dilansir Straits Times.

PM Kamboja Hun Sen sebagai ketua ASEAN menggelar panggilan video dengan orang kuat militer Myanmar Min Aung Hlaing dan memintanya untuk mengikuti kesepakatan lima poin untuk mengatasi konflik Myanmar, kata Kao Kim Hourn, sekretaris negara di kementerian luar negeri Kamboja, Rabu, (26/1/2022) kepada wartawan.

Konsensus, yang disetujui Jenderal Min Aung Hlaing dalam pertemuan tatap muka dengan para pemimpin ASEAN pada April tahun lalu, berkomitmen untuk menghentikan permusuhan, memberikan akses kemanusiaan dan mendukung dialog inklusif.

“Dia meminta His Excellency Yang Mulia Min Aung Hlaing untuk memfasilitasi agar seorang utusan khusus ASEAN dapat mengunjungi Myanmar untuk pertama kalinya di masa depan,” kata Kao Kim Hourn.

“Dia mengimbau semua pihak termasuk pemerintah Myanmar untuk menghentikan kekerasan dan mencapai gencatan senjata,” dan mengundangnya untuk bergabung dengan negara-negara ASEAN dalam memberikan bantuan kemanusiaan “kepada orang-orang Myanmar yang paling membutuhkannya,” kata Kao Kim Hourn.

Myanmar berada dalam krisis sejak militer menggulingkan pemerintah terpilih hampir setahun yang lalu, dengan hampir 1.500 warga sipil tewas dalam tindakan keras junta terhadap lawan-lawannya dan pasukannya di pedesaan yang bertempur di berbagai front dengan milisi pro-demokrasi dan tentara etnis minoritas.

Junta militer Myanmar mengatakan mereka memerangi “teroris”.

Baca Juga: Disebut Berpihak pada Myanmar, Kamboja: Ini Bukan Mendukung Junta, tapi Pendekatan Berbeda

PM Kamboja, Hun Sen, yang juga ketua ASEAN tahun ini, saat berkunjung ke Myanmar dan bertemu bos junta militer Min Aung Hlaing. Kamboja menyatakan akan menggunakan pendekatan yang berbeda untuk mencapai konsensus 5 poin ASEAN urusan Myanmar. (Sumber: France24)

Kao Kim Hourn tidak mengatakan bagaimana Jenderal Min Aung Hlaing menanggapi proposal tersebut.

Seorang juru bicara pemerintah militer Myanmar tidak menjawab panggilan telepon yang meminta komentar pada diskusi hari Rabu.

Pemimpin Kamboja itu bertemu Jenderal Min Aung Hlaing di Myanmar pada 7 Januari, sebuah perjalanan yang membuat beberapa tetangga regional khawatir hal itu dapat ditafsirkan sebagai dukungan ASEAN bagi junta militer.

Hun Sen adalah salah satu pemimpin terlama di dunia dan sudah 36 tahun berkuasa.

Dia menyatakan kepada Jenderal Min Aung Hlaing keprihatinannya bahwa permusuhan telah terjadi sejak pertemuan mereka berdua di Naypyidaw, kata Kao Kim Hourn.

Sebagai ketua ASEAN, Hun Sen mendapat tekanan untuk membuat Jenderal Min Aung Hlaing berpegang pada kesepakatan ASEAN.

Beberapa anggota ASEAN menuntut agar pemimpin terguling Aung San Suu Kyi dibebaskan dan diizinkan untuk bergabung dalam proses perdamaian, sementara pengadilan junta militer menjatuhkan hukuman penjara terhadap Suu Kyi karena dianggap terbukti melakukan beberapa kejahatan.

ASEAN tahun lalu membuat kejutan dengan melarang junta menghadiri pertemuan-pertemuan penting karena kegagalannya menghormati konsensus ASEAN.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x