Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Ingatkan Azerbaijan terkait Israel, Sebut Zionis Tak Bisa Jadi Teman Negara Islam

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 17:01 WIB
iran-ingatkan-azerbaijan-terkait-israel-sebut-zionis-tak-bisa-jadi-teman-negara-islam
Presiden Iran Ebrahim Raisi berbicara di parlemen di Teheran, Iran pada 16 November 2021. Raisi mengingatkan Azerbaijan bahwa Israel tak bisa menjadi teman bagi negara Islam. Menurutnya, tanda yang jelas dari hal itu adalah bagaimana aksi Israel dalam tindakan agresi terhadap rakyat Palestina. (Sumber: AP Photo/Vahid Salemi)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

TEHERAN, KOMPAS.TV - Presiden Iran Ebrahim Raisi mengingatkan Azerbaijan bahwa Israel tak bisa menjadi teman bagi negara Islam.

Menurutnya, tanda yang jelas dari hal itu adalah bagaimana aksi Israel dalam tindakan agresi terhadap rakyat Palestina.

Hal tersebut disampaikan Raisi saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Azerbaijan Jenderal Zakir Hasanov di Teheran, Rabu (26/1/2022).

“Rezim Zionis adalah musuh dari kemanusiaan, dan juga bukanlah teman dari negara Muslim,” kata Raisi dilansir dari kantor berita Tasnim.

Baca Juga: Siap Perang Lawan Rusia, Ibu di Ukraina Persenjatai Diri dengan Senapan Sniper Besar

Ia menambahkan, politik okupasi Zionis dan aksi agresi di wilayah tersebut dan terhadap rakyat Palestina, membuktikan fakta itu.

Raisi lebih lanjut menekankan bahwa kekuatan Iran berkontribusi pada keamanan di kawasan itu.

“Kehadirian pasukan Tafkiri dan Daesh (ISIL atau ISIS) bukanlah demi masyarakat setempat di mana pun. Kelompok itu diciptakan Amerika dan Zionis, serta telah melakukan aksi kriminal di mana pun mereka ada,” ujar Raisi.

Ia pun mengungkapkan harapannya bahwa keberadaan dan peranan bijak dari angkatan bersenjata Azerbaijan, akan menghalau Tafkiri dan AntiMuslim yang hendak menanamkan pengaruhnya di wilayah tersebut.

Baca Juga: Indonesia Baru Vaksin Booster, Israel Sudah Tawarkan Warganya Suntik Vaksin Dosis Ke-4

Raisi pun memuji hubungan pertemanan antara Teheran dan Baku yang menurutnya sangat dalam.

“Kebijakan Republik Islam Iran adalah mempromosikan kerja sama dengan negara tetangga, khususnya dengan Republik Azerbaijan di wilayah Kaukasus,” ucapnya.

Sementara itu, Jenderal Hasanov memuji pertemuan dan negosiasi dengan pejabat Iran.

Ia menegaskan, mereka akan memuluskan jalan sebagai kerja sama yang lebih dekat antara kedua negara tetangga di masa depan.

 



Sumber : Tasnim


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.