Kompas TV advertorial

Inovasi Siswa SMK di Bali Membuat Motor Listrik Hasil Konversi

Kamis, 27 Januari 2022 | 19:22 WIB

Penulis : Theo Reza

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Siswa SMK PGRI 2 di Kabupaten Badung Bali berhasil membuat kendaraan listrik dari hasil konversi sepeda motor berbahan bakar minyak atau BBM

Di tengah keterbatasan proses pembelajaran akibat pandemi, siswa didik di sekolah ini malah berhasil membuat motor  listrik berbasis baterai yang ramah lingkungan.

Guru Pembimbing Teknik Gede Tangkas mengatakan konsep yang diajarkan kepada anak didiknya untuk mengubah motor bensin menjadi motor listrik agak berbeda dengan lainnya.

Penggunaan alat penggerak otomatis atau cvt pada motor matic tetap dipertahankan dengan penyetelan gigi ratio.

Baca Juga: Sepeda Motor Listrik Berbahan Daur Ulang Karya Siswa dan Guru SMK di Bantul

Namun demikian, riset dan pengembangan motor listrik yang dilakukan belumlah begitu sempurna. Sejumlah kendala masih ditemui, seperti faktor biaya dan tersedianya alat praktik.

Gede menjelaskan untuk riset pembuatan 1 unit motor listrik pihaknya menghabiskan dana sekitar 15 juta rupiah dengan pengunaan baterai swap yang dapat diisi ulang.

Memotivasi inovasi siswa sepeda motor listrik buatan SMK PGRI 2 Badung ini sudah diikutkan dalam pameran kendaraan listrik bersama SMK lainnya di Kota Denpasar.

Hasil karya siswa pun sempat diapresiasi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan uji coba penggunaan kendaraan listrik untuk kepentingan KTT G20 di Nusa Dua Bali tahun ini.

Video Editor: Rian


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x