Kompas TV entertainment selebriti

Selain Aliando Syarief, 8 Artis Ini Akui Idap OCD

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 12:29 WIB
selain-aliando-syarief-8-artis-ini-akui-idap-ocd
Artis Indonesia pengidap gangguan OCD. (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengakuan Aliando yang mengidap gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD), mengejutkan para penggemarnya.

Bagaimana tidak, Aliando sudah lama vakum dari layar kaca televisi dan layar lebar, bahkan terkesan menghilang.

OCD atau gangguan obsesif kompulsif adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa dirinya mesti melakukan tindakan berulang-ulang. Apabila hal itu tak dilakukan, pengidap OCD akan merasa cemas, khawatir, dan ketakutan.

Ternyata, bukan hanya Aliando Syarief saja yang diketahui mengidap gangguan mental OCD.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa artis yang diketahui mengaku mengidap OCD:

1. Ari Lasso

Saat berbincang dengan Daniel Mananta, Ari Lasso mengaku sangat terobsesi pada kerapihan. Menurut juri ajang Indonesian Idol itu, biasanya ia tidak pernah bisa tidur sebelum rumahnya terlihat rapi.

2. Prilly Latuconsina

Artis sinetron Prilly Latuconsina mengaku harus membereskan tempat penyimpanan barang pribadinya sendiri.
Hal itu ia lakukan lantaran tak betah apabila barang yang dirapikan orang ditaruh tak sesuai tempatnya.

3. Zaskia Adya Mecca

Berawal dari mengunggah foto si kecil, Zaskia Adya Mecca mengaku stres melihat anaknya bermain di atas pasir, yang tak sesuai dengan standar kebersihannya. Zaskia kemudian menjelaskan di kolom komentar bahwa dirinya mengidap OCD.

4. Rina Nose

Melalui unggahan Instagram, komedian Rina Nose juga mengaku mengidap OCD. Gangguan mental itu membuat Rina memastikan segala sesuatu secara berulang-ulang. Jika tidak dilakukan, maka Rina akan merasa cemas. Rina merasa bahwa bersih dan rapi adalah sebuah keharusan.

Baca Juga: Aliando Syarief Idap OCD Ekstrem sampai Sulit Bergerak

5. Sandra Dewi

Beberapa tahun yang lalu, Sandra Dewi yang dikenal selalu menjaga kerapian rupanya mengungkapkan bahwa dirinya sedikit mengidap OCD.

6. Afgan Syahreza

Penyanyi Afgan Syahreza juga mengaku jika dirinya mengidap OCD dalam platform VLive milikinya. Ia selalu memastikan barang tetap bersih dan ada pada tempatnya.

7. Olla Ramlan

Olla Ramlan juga mengaku mengidap OCD. Tak hanya itu saja, dirinya juga sering kali merasakan kecemasan yang berlebihan. Dirinya selalu menata segala hal dengan rapi, termasuk menata botol minum dalam kulkas yang harus menghadap depan.

8. Rizky Kinos

Suami dari Nycta Gina, Rizky Kinos, ternyata juga mengidap OCD. Ayah dua anak ini tak bisa menahan diri untuk merapikan barang-barang yang di dalam pikirannya sudah tertata rapi dengan pola tertentu.

Kinos akan merasa tersiksa jika melihat ada satu benda di rumahnya yang tidak sesuai dengan pola yang ada di dalam pikirannya.

Baca Juga: Olahraga Lari Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x