Kompas TV internasional kompas dunia

Hampir 80 Orang Tewas Disapu Badai Tropis Ana di Afrika Bagian Selatan

Jumat, 28 Januari 2022 | 15:00 WIB
hampir-80-orang-tewas-disapu-badai-tropis-ana-di-afrika-bagian-selatan
Korban tewas akibat badai yang melanda tiga negara Afrika selatan naik menjadi 77 orang hari Kamis, 27 Januari 2022 ketika tim darurat berjuang untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak dan membantu puluhan ribu korban. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MAPUTO, KOMPAS.TV - Korban tewas akibat badai yang melanda tiga negara Afrika selatan naik menjadi 77 orang hari Kamis (27/1/2022) ketika tim darurat berjuang untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak dan membantu puluhan ribu korban.

Membawa hujan sangat deras, Badai Tropis Ana menyapu Madagaskar hari Senin kemarin, sebelum menyapu Mozambik dan Malawi.

Petugas penyelamat dan pihak berwenang di tiga negara masih mengukur tingkat kerusakan akibat sapuan badai tersebut.

Madagaskar telah melaporkan 48 kematian, dengan 18 lainnya tewas di Mozambik dan 11 di Malawi. Sisa-sisa badai telah melewati Zimbabwe, tetapi tidak ada kematian yang dilaporkan di sana.

Puluhan ribu rumah rusak di tiga negara yang paling terpukul. Beberapa runtuh dihantam hujan lebat, menjebak korban di reruntuhan puing-puing rumah mereka

Banjir bandang akibat meluapnya sungai menghanyutkan jembatan dan menenggelamkan ladang, ternak dan menghancurkan mata pencaharian keluarga wilayah pedesaan.

Baca Juga: Korban Jiwa dalam Kericuhan di Stadion Piala Afrika Bertambah Jadi 8 Orang, Anak 14 Tahun Tewas

Korban tewas akibat badai yang melanda tiga negara Afrika selatan naik menjadi 77 orang hari Kamis, 27 Januari 2022 ketika tim darurat berjuang untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak dan membantu puluhan ribu korban. (Sumber: Straits Times)

Di Madagaskar, 130.000 orang pergi mengungsi meninggalkan rumah mereka. Di ibu kota Antananarivo, sekolah dan pusat kebugaran diubah menjadi tempat penampungan darurat.

"Kami hanya membawa barang-barang kami yang paling penting," kata Berthine Razafiarisoa, yang berlindung di gym bersama keluarganya yang terdiri dari 10 orang, seperti dilansir Straits Times.

Di Mozambik utara dan tengah, Badai Tropis Ana menghancurkan 10.000 rumah, lusinan sekolah dan rumah sakit, sambil meruntuhkan rangkaian tiang listrik.


Sumber : Straits Times

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19