Kompas TV video vod

Inovasi SIswa SMK PGRI 2 Badung, Ubah Motor BBM Jadi Motor Listrik!

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 15:10 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BADUNG, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat siswa untuk belajar dan berinovasi dalam dunia pendidikan.

Inovasi SMK PGRI 2 Badung Bali ini patut diacungi jempol.

Di tengah keterbatasan proses pembelajaran akibat pandemi, siswa didik di sekolah ini berhasil membuat motor listrik berbasis baterai yang ramah lingkungan.

Guru Pembimbing Teknik, Gede Tangkas mengatakan konsep yang diajarkan kepada anak didiknya untuk mengubah motor bensin menjadi motor listrik agak berbeda dengan lainnya, dimana penggunaan alat penggerak otomatis atau CVT pada motor matic tetap dipertahankan dengan penyetelan gigi ratio.

Meski demikian, riset dan pengembangan motor listrik yang dilakukan belumlah begitu sempurna.

Baca Juga: Viral, Polisi Beli Sepeda Motor Dengan Uang Koin

Sejumlah kendala masih ditemui, seperti faktor biaya dan tersedianya alat praktik.

Karena untuk riset pembuatan 1 unit motor listrik, pihaknya menghabiskan dana sekitar Rp 15 juta dengan pengunaan baterai swap yang dapat diisi ulang.

Memotivasi inovasi siswa, sepeda motor listrik buatan SMK PGRI 2 Badung ini sudah diikutkan dalam pameran kendaraan listrik bersama SMK lainnya di Kota Denpasar.

Hasil karya siswa pun sempat diapresiasi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melakukan uji coba penggunaan kendaraan listrik untuk kepentingan KTT G20 di Nusa Dua Bali tahun ini.

Baca Juga: Sepeda Motor Listrik Berbahan Daur Ulang Karya Siswa dan Guru SMK di Bantul



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.