Kompas TV nasional berita utama

Dukung Pembangunan IKN, Tokoh Masyarakat Kalimantan Minta Jokowi Perhatikan Masyarakat Adat

Selasa, 1 Februari 2022 | 07:45 WIB
dukung-pembangunan-ikn-tokoh-masyarakat-kalimantan-minta-jokowi-perhatikan-masyarakat-adat
Tangkapan layar dari akun Twitter Presiden Joko Widodo terkait pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur. (Sumber: akun Twitter @jokowi )

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

KALIMANTAN TIMUR, KOMPAS.TV- Sejumlah tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur menyatakan antusias dan mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di wilayahnya.

Hal tersebut diketahui seusai Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (31/1/2022).

Demikian Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Taufik Hanafi dalam keterangan yang diterima KOMPAS TV.

“Alhamdulillah baru saja selesai pertemuan Bapak Presiden dengan tokoh adat masyarakat Kalimantan Timur dan tadi sama-sama kita dengarkan,  pertama bahwa tokoh masyarakat adat Kalimantan Timur sangat antusias dan mendukung penuh pembangunan IKN,” kata Taufik.

Baca Juga: Edy Mulyadi Tegaskan Tetap Tolak IKN di Kalimantan: Potensi Mangkraknya Luar Biasa

Selain memberikan dukungan, Taufik menuturkan sejumlah tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur juga memberikan masukan-masukan yang berharga.

“Mulai dari pentingnya memperhatikan kearifan lokal, penguatan SDM, dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah aspek budaya yang ini terus akan diperhatikan dan ditingkatkan di dalam pengembangan IKN mendatang,” ujar Taufik.

Sejumlah nama tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur yang memberikan dukungan terhadap pembangunan IKN adalah Sultan Kutai Kartanegara, Muhammad Arifin. Dia menyampaikan menyambut baik dibangunnya IKN di Kalimantan Timur.

“Kami atas nama Sultan Kutai Kartanegara mendukung penuh 100 persen diadakannya pembangunan IKN saat ini,” ujarnya.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x