Kompas TV nasional peristiwa

Soal Kelanjutan PTM di Jakarta, Anies: Bergantung Keterisian Rumah Sakit

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 18:44 WIB
soal-kelanjutan-ptm-di-jakarta-anies-bergantung-keterisian-rumah-sakit
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Kelenteng Hian Thian Siang Tee Bio, Jakarta Pusat, Selasa (1/2/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS. TV – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, kelanjutan kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) bergantung pada tingkat keterisian rumah sakit.

Jika rumah sakit semakin penuh maka mobiitas warga harus dikurangi termasuk dengan menghentikan PTM. Namun sampai saat ini menurut Anies, tingkat keterisian rumah sakit di DKI Jakarta relatif masih kecil.

Baca Juga: Anies Jawab Jokowi yang Minta Evaluasi PTM 100 Persen di Jakarta

“Ketika terjadi peningkatan di dalam keterisian rumah sakit maka pengendaliannya adalah dengan pengurangan mobilitas,” kata Anies Baswedan saat ditanya mengenai kemungkinan DKI Jakarta akan menghentikan PTM.

Karena itu, ujar Anies, pihaknya masih terus melakukan monitoring atau pemeantauan keterisian rumah sakit.

Pengetatan aktivitas warga bakal dilakukan jika keterisian rumah sakit semakin meningkat.

Baca Juga: Jokowi Minta PTM di Jakarta, Jabar dan Banten Dievaluasi!

“Jadi sekarang kita monitoring terus tentang keterisian rumah sakit dan kemudian apabila memang terlihat ada tren yang berubah meningkat secara signifikan sehingga menghawatirkan dari sisi kapasitas rumah sakit maka akan bisa dilakukan pengetatan,” paparnya di Jakarta, Selasa (1/2/2022).

Anies menjelaskan selama ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memang kerap mengambil keputusan berdasarkan pemantauan atas kapasitas rumah sakit.

Hal ini misalnya dilakukan pada sekitar Juni -  Juli, pertengahan tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Bima Arya Hentikan PTM di Kota Bogor Sampai Jumlah Kasus Covid-19 Melandai

Ketika itu pengetatan aktivitas juga dilakukan karena terjadi peningkatan kebutuhan ruang perawatan di rumah sakit.

Sementara itu, menurut Anies, hingga saat ini tingkat keterisian rumah sakit belum setinggi pada pertengahan tahun lalu.

“Saat ini, sejauh ini situasinya masih masih bisa terlihat dibilang secara jumlah masih relatif kecil,” imbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut.

Meski demikian, lanjut Anies, tidak terutup kemungkinan PTM nantinya akan dihentikan.

Karena itu dia mengingatkan seluruh warga Jakarta dan seluruh pihak untuk terus patuh serta menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi yang kita harus sama-sama sadari adalah yuk taati protokol kesehatan bila mengalami gejala ringan atau tanpa gejala maka isolasi disiplin supaya tidak menularkan kepada yang lain,” urai Anies.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x