Kompas TV internasional kompas dunia

Dukung Program Jokowi Indonesia Spice Up The World, Bakal Ada Pabrik Rendang di Bulgaria!

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 16:05 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

KOMPAS.TV - Akhir tahun lalu, Dubes RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta, menggandeng pakar kuliner William Wongso untuk memperkenalkan budaya dan kekayaan kuliner khas Indonesia lewat program ‘Rendang Goes to Europe’. 

Iwan pun berhasil mewujudkan perjanjian investasi dengan Bella Ltd, sebuah perusahaan terkemuka di Bulgaria untuk membuat makanan lezat asal Sumatera Barat ini bisa didistribusikan ke kawasan lain di Eropa dengan nilai investasi sebesar US$3 juta. 

Menindaklanjuti perjanjian tersebut, pada 3 Februari 2022, Iwan Bogananta mengunjungi Botevgrad, sebuah kota di bagian barat Bulgaria. Di kota berjarak sekitar 50 kilometer dari ibu kota Sofia itu bakal dibangun areal pabrik rendang untuk mendekati akses pasar di antaranya Serbia, Turki, dan Yunani.

Baca Juga: Uniknya Rendang Telur Berbentuk Mirip Keripik, Cocok jadi Cemilan dan Oleh-oleh!

Area seluas 20 ribu meter persegi tersebut merupakan pabrik yang baru dibangun khusus untuk memproduksi berbagai macam produk daging, 5 ribu meter persegi di antaranya dipersiapkan untuk ‘flow’ produksi rendang Indonesia.

Pihak pabrik melalui Chief Operating Officer (COO) Bella Ltd, Dimitar Mitev, menerangkan bahwa pabrik itu merupakan salah fasiltas baru dari 9 pabrik yang mereka miliki dalam memproduksi berbagai produk makanan.

“Total kapasitas produksi per bulan lebih dari 600 ton. Khusus pabrik di wilayah Botevgrad ini telah dipersiapkan khusus memproduksi rendang mulai dari pengolahan sampai packaging. Dan nantinya akan dilengkapi sertifikasi halal,” urai Iwan Bogananta secara detail.

Baca Juga: Sandiaga Dorong Rendang Jadi Menu Unggulan dalam "Indonesia Spice Up The World"

Konsep yang dinisiasi oleh Dubes Iwan dengan melakukan pola investasi dua arah bersama Bella Ltd merupakan role model baru untuk pengembangan pasar ekspor produk Indonesia. Setelah sukses dengan rendang, ke depan pihaknya akan mengembangkan kerja sama dengan produk potensial Indonesia lainnya. 

Iwan menggarisbawahi, semua yang dilakukannya ini semata sebagai bentuk dukungan nyata dari program ‘Indonesia Spice Up The World’ yang diluncurkan Presiden Joko Widodo.

Pada pidato peluncuran ‘Indonesia Spice Up The World’ beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi bertekad mengembalikan kejayaan rempah Indonesia yang sejak berabad-abad lalu sangat digemari dunia. Menurut Presiden Jokowi, keunggulan rempah-rempah Indonesia harus terus kita kenalkan ke seluruh penjuru dunia. 

Video editor: Adrianus Ardya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x