Kompas TV video vod

4 Gunung Api Indonesia Ini Statusnya Siaga

Kompas.tv - 20 Februari 2022, 06:07 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Indonesia punya banyak gunung api tersebar di berbagai daerah. Dari total jumlah gunung api yang ada, sebanyak empat di antaranya berstatus siaga atau Level III.

1. Gunung Ile Lewotolok

Dikutip dari vsi.esdm.go.id, sejarah erupsi dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ile Lewotolok tercatat sudah terjadi sejak tahun 1660. Masyarakat sekitar Ile Lewotolok memiliki kepercayaan erupsi merupakan kemarahan leluhur.

2. Gunung Semeru

Semeru terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS. Gunung yang memiliki puncak bernama Mahameru ini juga diketahui sempat lakukan erupsi di penghujung tahun 2021, tepatnya pada 4 Desember 2021.

3. Gunung Merapi

Merupakan salah satu gunung api kawakan di Indonesia yang miliki ketinggian 2.968 mdpl, serta terletak di antara Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung Merapi sendiri adalah gunung api paling aktif di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa.

4. Gunung Sinabung

Memiliki ketinggian 2.460 mdpl dan terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Gunung Sinabung juga bisa disebut berjarak cukup dekat dengan Danau Toba. Berdasarkan catatan dari pengamat, dari kurun waktu mulai tahun 2010 hingga 2021, Sinabung tercatat sudah mengalami erupsi lebih dari 3.000 kali.

Sumber foto: Magma Indonesia, Google Maps, Kompascom



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x