Kompas TV regional sosial

Dr Soeharto Banyak Terlibat dalam Penataan Negara, Ganjar Dukung Jadi Pahlawan Nasional

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 14:24 WIB
dr-soeharto-banyak-terlibat-dalam-penataan-negara-ganjar-dukung-jadi-pahlawan-nasional
Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, berpendapat Mayor Jenderal Dr dr R Soeharto banyak terlibat dalam proses-proses menuju penataan negara dan bangsa. (Sumber: Pemprov Jateng)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

SEMARANG, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, berpendapat Mayor Jenderal Dr dr R Soeharto banyak terlibat dalam proses-proses menuju penataan negara dan bangsa pada awal kemerdekaan.

Soeharto adalah dokter pribadi Presiden RI pertama, Ir Soekarno, yang diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Ganjar menuturkan, pada 1950, Dr Soeharto tercatat menjadi salah satu penggagas berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Ia juga pelopor yang menginiasi program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia. Selanjutnya dalam perkembangan program KB itu, muncul Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) pada 1957, dan Dr Soeharto didapuk menjadi ketua pertama PKBI.

“Menurut saya ini sangat luar biasa. Tidak hanya itu, beliau juga banyak terlibat dalam proses-proses menuju penataan negara dan bangsa pada awal kita merdeka, sehingga kontribusinya cukup panjang,” kata Ganjar, seperti dikutip dari keterangan tertulis Pemprov Jateng, Selasa (22/2/2022).

Baca Juga: Ganjar Bela Nurhayati yang Jadi Tersangka Kasus Dana Desa: Koreksi untuk Semua Penyelenggara Negara

“Hal yang unik, beliau itu doktor dan pernah menjadi menteri nonkesehatan dan Mayor Jenderal kehormatan. Jadi cukup lengkap. Itu tidak mungkin bisa diberikan kalau tidak memiliki talenta dan jasa yang hebat,” jelas Ganjar.

Ganjar secara pribadi maupun atas nama pemerintah provinsi, mengaku mendukung penuh pengusulan Dr Soeharto menjadi calon pahlawan nasional.

Ganjar menambahkan, beberapa waktu lalu keluarga Dr Soeharto menyerahkan dokumen yang cukup tebal kepada Pemprov Jateng.

Berdasarkan dokumen tersebut, lanjut Ganjar, terlihat catatan perjalanan Dr Soeharto yang sangat panjang dan luar biasa.

“Beliau dari Solo dan aktivitasnya sangat luar biasa. Beberapa kali serial diskusi pernah dilakukan sampai menghasilkan dokumen itu, dan hari ini ada seminar.”

“Biasanya memang ada uji akademis, termasuk perjalanan beliau, Dr Soeharto, berkontribusi untuk bangsa dan negara,” kata Ganjar, seusai memberikan sambutan dalam acara Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional Mayor Jenderal Dr dr R Soeharto secara daring, Selasa (22/2/2022).

Perjalanan dan kontribusi Dr Soeharto, lanjut Ganjar, antara lain menjadi dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta sejak 1942.

Baca Juga: Momen Ganjar Pranowo Ledek Reza Rahadian dengan Sebutan Mas Aris

Selama bertugas, Dr Soeharto setia menemani Bung Karno berkeliling ke seluruh dunia.

Dikatakan, Dr Soeharto yang meninggal pada 2000 lalu juga merupakan salah satu pendiri bank pertama di Indonesia, sekaligus turut andil dalam pembangunan kawasan Sarinah Thamrin Jakarta, dan Hotel Indonesia.

Pada awal kemerdekaan, Dr Soeharto juga berperan sebagai bendahara yang mengelola dana penyelenggaraan pemerintahan, karena pada masa itu lembaga-lembaga negara belum sepenuhnya fungsional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x