Kompas TV religi beranda islami

Doa Jibril yang Diajarkan kepada Nabi Muhammad, Berguna Usir Jin dalam Tubuh dan Rumah

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 16:57 WIB
doa-jibril-yang-diajarkan-kepada-nabi-muhammad-berguna-usir-jin-dalam-tubuh-dan-rumah
Ilustrasi setan atau jin. Ini merupakan doa Jibril yang diajarkan ke Nabi Muhammad, bisa diamalkan agar menghilangkan jin dalam tubuh dan rumah (Sumber: OpenClipart-Vectors/Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan doa yang diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Doa ini berfungsi agar jin yang menganggu dalam tubuh atau rumah bisa menghilang.

Doa Nabi Muhamad ini termaktub dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud tentang Nabi Muhammad yang didekati Jin.

Ibnu Mas’ud berkata.“Aku tengah Bersama Rasulullah Saw sementara itu Jibril juga tengah bersama beliau. 

Nabi Muhammad SAW membaca Al-Quran, tiba-tiba jin ifrit datang dari tempat keluarnya Jin.  Di tangan jin tersebut ada obor api dan ia mendekati Nabi Muhammad SAW.

Jibril lantas berkata, 'Wahai Muhammad, maukah kau kuajari kalimat yang jika kau ucapkan, Ifrit akan berpaling dan obornya akan padam? Ucapkanlah kalimat doa ini:

Doa Nabi Muhammad  

Doa Jibril yang diajarkan kepada Nabi Muhammad, bacalah agar Jin dan setan menjauh (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

A’uzhu bi nuuri wajhillahil kariimi waklimaatihit taammah allati laa yujaawizhu hunna birrun walaa faajiur min syarri maa dzara-a fii al-ardhi wamaa yakhruju minhaa wamaa yanzilu minas samaai wamaa ya’ruju fiihaa wamin syarri fitanil laili wan nahaari wamin syarri thawaariqin nahaari illa thaariqan yathruqu bikhairin yaa rahmaan

Artinya:

Aku berlindung dengan wajah Allah yang Mulia dan Kalimat-Nya yang sempurna yang tidak dapat diraih oleh pelaku kebaikan atau pemaksiat sekalipun, dari keburukan apa yang masuk dan keluar dari bumi, apa yang turun dari dan naik ke langit, dari keburukan fitnah malam dan siang hari, dari keburukan para pengetuk pintu di tengah malam dan siang hari, kecuali pengetuk pintu yang datang membawa kebaikan, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih. (HR. Ahmad).

Baca Juga: Doa Nabi Nuh, Bacalah agar Senantiasa Jadi Orang Beruntung

Keutamaan Doa Nabi Muhammad

Keutamaan doa Nabi Muhammad ini adalah bisa mengusir jin dan setan yang mungkin ada dalam tubuh kita. Selain itu, bisa digunakan sebagai amalan untuk mengusir jin dari rumah. 

Berdasarkan hadis di atas, dapat diambil pelajaran penting terkait siapa dan bagaimana sosok jin maupun setan yang kerap jadi penganggu. 

Jin itu dikabarkan datang dengan kobaran api. Para ulama menakwilkan redaksi ini terkait dengan dosa maupun gangguan yang dapat menjerumuskan manusia. 

Maka, Nabi Muhammad pun diajari sebuah doa. Doa Malaikat Jibril agar bisa terlepas dari gangguan kita. Tentu saja, kisa bisa mengamalkan doa ini sebagai upaya meniru Nabi. 

Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x