Kompas TV olahraga kompas sport

Pemerintah Inggris Ingin Final Liga Champions Dipindah dari Rusia

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 00:01 WIB
pemerintah-inggris-ingin-final-liga-champions-dipindah-dari-rusia
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson khawatir dengan final Liga Champions 2021-2022 yang akan diselenggarakan di Saint Petersburg, Rusia. (Sumber: AP Photo/Matt Dunham, Pool)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Pemerintah Inggris meminta agar final Liga Champions 2022 yang akan digelar di Saint Petersburg, Rusia dipindahkan usai militer negara tersebut mulai masuk ke wilayah Ukraina yang semakin memanaskan situasi.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengungkapkan kekhawatirannya tentang pertandingan yang akan dimainkan di Gazprom Arena pada 28 Mei mendatang saat ia mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk tidak melakukan invasi penuh ke Ukraina.

Desakan itu muncul setelah Rusia mengumumkan pengakuan kedaulatan dua wilayah pemberontak di Ukraina bagian timur, Donetsk dan Luhansk.

"Sangat penting di saat kritis ini Presiden Putin memahami bahwa apa yang dia lakukan akan menjadi bencana bagi Rusia," kata Johnson kepada House of Commons dikutip dari Associated Press, Selasa (22/2/2022).

"Dia akan berakhir dengan ... Rusia yang lebih terisolasi, Rusia yang berstatus paria, tidak ada kesempatan untuk mengadakan turnamen sepak bola di Rusia yang menginvasi negara-negara berdaulat."

Sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) juga mempertimbangkan untuk memindahkan venue final Liga Champions 2021-2022 dari Saint Petersburg jika situasi semakin memanas.

Namun hingga saat ini, UEFA masih tetap menjadikan kota terbesar kedua di Rusia itu sebagai lokasi digelarnya final Liga Champions.

Baca Juga: Rusia-Ukraina Kian Panas, UEFA Mungkin Pindahkan Laga Final Liga Champions dari Saint Petersburg

"UEFA terus-menerus memantau situasi dengan cermat," kata UEFA dalam sebuah pernyataan.

"Saat ini, tidak ada rencana untuk mengubah venue."

Menurut sumber anonim, UEFA bersama sang presiden, Alexander Ceferin, juga telah memulai pembahasan untuk memindahkan lokasi final Liga Champions dari Rusia.

Inggris memang patut khawatir mengingat sejauh ini mereka menjadi negara yang memiliki wakil paling banyak di Liga Champions yakni empat tim yaitu Chelsea, Liverpool, Manchester City, dan Manchester United.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.