Kompas TV nasional update corona

BOR Covid-19 di DKI Jakarta Kini 37 Persen, ICU 46 Persen

Rabu, 2 Maret 2022 | 16:55 WIB
bor-covid-19-di-dki-jakarta-kini-37-persen-icu-46-persen
Petugas mendorong tabung oksigen saat menyiapkan ruangan perawatan pada Tower 8 Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, Selasa (15/6/2021) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mengatakan, terjadi penurunan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 di Jakarta. 

Saat ini, BOR Jakarta terisi 37 persen. Artinya dari total kapasitas 6.782 tempat tidur sudah terpakai 2.478 tempat tidur.

"BOR sudah menurun, sudah 37 persen. Dari 6.782 terpakai 2.478, jadi 37 persen," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (2/3/22). 

Sementara itu, keterisian ruang perawatan intensif atau ICU saat ini sebesar 46 persen. 

"ICU dari 953 tempat tidur yang terpasang, terpakai 434 tempat tidur. Jadi 46 persen," kata Riza. 

Baca Juga: 2 Tahun Pandemi Covid-19, Simak Deretan Kebijakan Terbaru Pemerintah

Riza menambahkan saat ini terjadi penurunan kasus Covid-19 varian Omicron. Total kasus Omicron di Jakarta saat ini sebanyak 4.823 orang. 

Lalu, Riza mengklaim belum terlihat peningkatan kasus Covid-19 setelah libur Isra Miraj pekan lalu. Tren kenaikan atau penurunan kasus baru dapat terlihat setelah seminggu ke depan. 

"Belum kelihatan. Nanti beberapa hari ke depan baru kelihatan, seminggu ke depan lah," kata Riza. 

Dia berharap tidak ada peningkatan setelah libur panjang Isra Miraj akhir pekan lalu. 

Diketahui, kasus Covid-19 di DKI Jakarta bertambah 3.634 orang, pada Selasa (1/3/2022) sehingga total kasus Covid-19 di Ibu Kota kini mencapai 1.178.473, terhitung sejak Maret 2020.

"Kami turut mengimbau agar masyarakat juga mewaspadai penularan varian Omicron yang kini juga meningkat di Jakarta," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia, melalui keterangan tertulis, Selasa.

Baca Juga: Dua Tahun Covid-19 di RI, Ekonomi Masih Lesu dan Akrobat Politikus Tunda Pemilu

Sementara itu, jumlah pasien yang masih dirawat atau tengah menjalani isolasi mandiri menurun sebesar 1.967, sehingga jumlah kasus aktif kini sebanyak 37.775.

Positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 13,9 persen, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 12,1 persen.

Angka ini masih melebihi standar persentasi kasus positif dari World Health Organization (WHO) yakni tidak lebih dari lima persen. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x