Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Nabi Muhammad, Dibaca agar Rezeki Tidak Seret

Kompas.tv - 10 Maret 2022, 11:33 WIB
bacaan-doa-nabi-muhammad-dibaca-agar-rezeki-tidak-seret
ilustrasi ketika dompet bokek. Bacalah doa Nabi Muhammad ini agar rezeki tidak seret (Sumber: Toufiqu Bharbuiya/unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Umar terdapat sebuah doa Nabi Muhammad yang diajarkan kepada para sahabatnya ketika dalam kondisi sulit.

Doa Nabi Muhammad ini juga bisa kita amalkan ketika kondisi terhimpit, agar rezeki tidak seret, dan dimudahkan jalan tersebut oleh Allah SWT.

Sulit ini bermakna, baik secara ekonomi maupun ada kebutuhan mendesak yang tidak diprediksi dan kita tidak mempersiapkannya dengan tepat. 

Doa ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Ibnu Umar tentang keluar rumah. 

Sabda Nabi Muhammad: Tak ada hal yang menghalangi seseorang saat mengalami kesusahan dalam urusan kehidupan (ekonomi) untuk berdoa saat hendak keluar dari rumahnya; Bismillahi ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma Raddhini bi qada'ika, wa barik li fi ma quddira li hatta la uhibba ta’jila ma akhkharta wa la ta'khira ma 'ajjalta." (HR. Ibnu Sunni).

Berdasarkan hadis di atas, maka doa Nabi Muhammad ini baiknya dibaca saat kita bekerja untuk mencari rezeki halal.

Jangan lupa memantapkan hati kita, yakin Allah SWT akan memberikan rezeki yang terbaik bagi kita dan keluarga kita. 

Baca Juga: Doa Fatimah Putri Nabi Muhammad pada Hari Kamis, Dibaca agar Rezeki Lancar dan Berkah

Doa Nabi Muhammad agar rezeki tidak seret 

Doa penarik rezeki dari Rasulullah (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Bismillahi ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma Raddhini bi qada'ika, wa barik li fi ma quddira li hatta la uhibba ta’jila ma akhkharta wa la ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah atas diriku, hartaku dan agamaku. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang rida, menerima atas ketetapanmu, serta berkahilah aku atas rezeki yang Engkau tentukan sehingga aku tak tergesa meminta sesuatu yang Engkau akhirkan, atau mengakhirkan sesuatu yang Engkau hendak percepat."

Semoga Allah senantiasa memperlancar rezeki kita dan segala himpitan ekonomi yang menjerat segera diangkat oleh Allah, diganti dengan rezeki halal nan berkah. Amin.

Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x