Kompas TV video tahu gak sih lo?

Disebutkan Dalam Konflik Rusia - Ukraina, Apa Itu NATO?

Selasa, 15 Maret 2022 | 15:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

KOMPAS.TV - Keinginan Ukraina untuk bergabung dengan NATO menjadi salah satu pemicu konflik antara Rusia dan Ukraina. Tahu Gak Sih Lo apa itu NATO?

NATO adalah singkatan dari North Atlantic Treaty Organization atau dalam Bahasa Indonesia disebut Pakta Pertahanan Atlantik Utara. 

Munculnya NATO awalnya digagas oleh negara Perancis dan Inggris yang khawatir adanya ketegangan politik. Lalu, pada 4 April 1949, NATO akhirnya dibentuk dengan 12 negara anggota. Negara-negara tersebut adalah Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Belgia, Belanda, Luksemburg, Kanada, Italia, Portugal, Islandia, Denmark, dan Norwegia.

Baca Juga: Zona Larangan Terbang Tak Diberlakukan, Presiden Ukraina Zelensky Tegaskan Hal ini ke NATO!

Prinsip dasar NATO adalah demokrasi. Prinsip lainnya adalah kebebasan di mana NATO berkomitmen menghargai seluruh kebebasan-kebebasan negara-negara anggota. Selain itu, Prinsip Solidaritas mewajibkan seluruh negara anggota NATO untuk saling membantu apalagi dalam masalah pertahanan dan keamanan seperti perang. 

Video Editor: Vila Randita



 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x