Kompas TV regional berita daerah

Mengintip Persiapan Kampung Batik Giriloyo Bantul Sambut Kedatangan Delegasi G20

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 18:44 WIB
mengintip-persiapan-kampung-batik-giriloyo-bantul-sambut-kedatangan-delegasi-g20
Logo Presidensi G20 Indonesia. (Sumber: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN/FR)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kampung Batik Giriloyo Imogiri Bantul bersiap menyambut kedatangan delegasi dari pertemuan Group Of Twenty (G20). Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditunjuk menjadi tuan rumah pertemuan G20 dan salah satu aktivitasnya berkunjung ke Kampung Batik Giriloyo.

Menurut Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistiyana, sampai sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul belum mendapatkan informassi terkait jadwal kegiatan tersebut. Kendati demikian, Kampung Batik Giriloyo siap menerima tamu kapan pun.

“Aktivitas membatik masih berlangsung, saat pandemi Covid-19 juga jalan terus,” ujarnya, Rabu (15/3/2022).

Baca Juga: Usaha Nyaris Kolaps, Pengusaha Batik Tulis di Yogyakarta Nekat Gelapkan 5 Unit Mobil Rental

Ia juga memastikan akan melakukan persiapan lebih intens jika sudah ada pemberitahuan terkait agenda delegasi G20 di Yogyakarta. Terlebih, kunjungan itu secara otomatis akan menjadi ajang promosi produk UMKM di Bantul.

“Kalau jadi berkunjung, kami akan minta dukungan untuk batik nitik khas Bantul yang sudah beberapa kali pameran di luar negeri, terakhir di Dubai,” ucapnya.

Kampung Batik Giriloyo adalah desa wisata dan sentra industri batik tulis di Bantul. Ada sekitar 500 rumah di kampung itu yang memproduksi batik.

Baca Juga: Membanggakan! Pemain NBA Justin Holiday Pesan Batik Tulis dari Blitar

Berbeda dengan Pekalongan yang juga daerah penghasil batik terbesar, Kampung Batik Giriloyo tidak memproduksi batik printing atau pabrik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x