Kompas TV nasional kompas tv news

Pengamat Otomotif Optimistis Sirkuit Mandalika Bisa Gelar F1 dan Raih Homologasi Grade 1

Minggu, 27 Maret 2022 | 12:58 WIB
pengamat-otomotif-optimistis-sirkuit-mandalika-bisa-gelar-f1-dan-raih-homologasi-grade-1
Pengamat Otomotif M. Wahab optimistis Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa menggelar balapan Formula 1 atau F1 usai sukses menghelat MotoGP. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Pengamat Otomotif M. Wahab optimistis Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa menggelar balapan Formula 1 atau F1 usai sukses menghelat MotoGP.

Menurutnya, sirkuit yang sudah menyelenggarakan MotoGP biasanya bisa dipakai untuk menggelar balapan F1.

"Biasanya sirkuit yang sudah menyelenggarakan MotoGP bisa dipakai oleh Formula-1, tetapi belum tentu sirkuit yang bisa menyelenggarakan F1 bisa menyelenggarakan MotoGP," kata M. Wahab dalam program Sapa Indonesia Akhir Pekan KOMPAS TV, Minggu (27/3/2022).

Ia menjelaskan alasan mengapa sirkuit F1 belum tentu bisa digunakan untuk gelaran MotoGP. Menurut Wahab yang juga Koordinator Marshall Mandalika, hal tersebut karena ada persoalan teknis yang berbeda.

"Karena ada masalah teknikal seeking yang bisa dilakukan mobil F1, tapi tidak bisa dilakukan oleh motor MotoGP. Ini hanya masalah teknis saja," ujarnya menjelaskan.

Selain itu juga, pembeda lainnya antara Sirkuit MotoGP dan F1 yaitu terletak pada teknis evakuasi kendaraan. Tidak hanya diperhatikan soal layout track tapi juga fasilitas penunjang.

Baca Juga: ITDC Beberkan Langkah Perbaikan dan Rencana Seusai Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika

Menurut Wahab, mobil F1 saat dievakuasi harus menggunakan fasilitas khusus berupa crane atau mini crane yang setidaknya ada di 4 atau 6 titik sirkuit.

"Mobil F1 harus menggunakan mini crane dan kalo investasi itu cukup besar itu, kalo ada di 4 atau 6 titik," terangnya.

Sementara itu, Wahab menyebutkan beberapa sirkuit di dunia yang rekam jejaknya biasa digunakan sebagai lokasi dua balapan MotoGP dan F1. Seperti di Barcelona, Austria, Red Bull Ring, Qatar, dan Jepang.

Adapun kini, lanjutnya, Sirkuit Mandalika sedang dalam proses homologasi dan telah menerima inspeksi dari pihak Fédération Internationale de l'Automobile (FIA).

"Sudah ada inspeksi dari FIA, tidak hanya sirkuit mobil juga diinspeksi fasilitas dan segala macam. Apa tujuan inspeksi yaitu untuk mendapatkan homologasi dan kita (Sirkuit Mandalika) sudah mendapatkan homologasi grade A dari FIM," ujarnya.

Terkait grade, Wahab menyebut bahwa dalam balapan roda dua grade sirkuitnya diurutkan dari A-F. Sementara roda empat diurutkan dari 1-6.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x