Kompas TV regional berita daerah

Rendang Goes To Europe Angkat Citra Kuliner Nusantara ke Dunia

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 13:14 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Siapa yang tak mengenal rendang. Masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau, Sumatera, ini, menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

Makanan yang kaya akan bumbu rempah ini, bahkan dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Dan kini, olahan khas Minang ini siap memanjakan lidah warga Eropa. Pasalnya, sebuah pabrik rendang akan dibangun di Bulgaria.

Rendang Goes to Europe ini bertujuan untuk mempromosikan kuliner Indonesia ke level internasional. Tidak tanggung-tanggung, ekspornya di tahun 2024 ditargetkan mencapai 2 miliar dolar Amerika Serikat.

Selain mengangkat citra kuliner nusantara, langkah ini juga bisa membuka pintu pasar produk Indonesia melalui Bulgaria ke pasar dunia.

Sementara itu, pakar kuliner nusantara, William Wongso menyebut, nantinya proses pembuatan rendang di Bulgaria akan menggunakan daging dari Bulgaria. Namun, untuk bumbu rendangnya, akan didatangkan dari Indonesia. Hal ini sekaligus akan mendorong kebangkitan ekonomi berbasis kerakyatan.

Setelah rendang, diharapkan produk kuliner UMKM Indonesia lainnya, dapat dikenal dunia dan dinikmati seluruh diaspora Indonesia yang ada di berbagai belahan dunia.

 

 

 

 

 

#rendang #kulinerindonesia #bulgaria

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.