Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI Andika Perkasa Tunjuk Danjen Kopassus Baru

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 21:46 WIB
panglima-tni-andika-perkasa-tunjuk-danjen-kopassus-baru
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan pergantian di Danjen Kopassus dari Mayor Jenderal (Mayjen) Widi Prasetijono kepada Brigadir Jenderal (Brigjen) Iwan Setiawan. (Sumber: ANTARA/Genta Tenri Mawangi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan melakukan pergantian pada jabatan Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Melansir dari Kompas.com, Selasa (29/3/2022), Danjen Kopassus yang saat ini dijabat Mayor Jenderal (Mayjen) Widi Prasetijono akan diserahterimakan kepada Brigadir Jenderal (Brigjen) Iwan Setiawan.

Hal tersebut dilakukan karena Mayjen Widi dipercaya Panglima TNI untuk menduduki kursi jabatan Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro menggantikan Mayjen Rudianto yang akan menjabat sebagai Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad).

Pergantian pimpinan di Kopassus ini juga dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna.

Brigjen Tatang menjelaskan, pergantian pimpinan di kubu TNI adalah wajar karena untuk regenerasi dan pola pembinaan karier prajurit, termasuk di lingkungan TNI AD.

Baca Juga: Panglima TNI Utus Prajurit ke BNPT Bantu Cegah Terorisme, Ini Tugasnya

“Terkait mutasi jabatan Pati (perwira tinggi) di lingkugan TNI AD termasuk di antaranya Danjen Kopassus, memang benar adanya,” ungkap Tatang dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Tatang mengakui, serah terima jabatan (sertijab) memang belum dilakukan dan akan diumumkan ketika proses sudah selesai.

“Saat ini belum dilaksanakan serah terima jabatan. Rilis terkait akan kami sampaikan setelah pelaksanaan sertijab,” jelas dia.

Adapun Brigjen Iwan Setiawan merupakan salah satu pimpinan terbaik di tubuh TNI AD. Sebelumnya, Brigjen Iwan pernah menjadi Komandan Resor Militer (Danrem) 173/Praja Vira Braja yang berada di bawah naungan Kodam XVII/Cendrawasih.

Sementara itu jabatan terakhir yang dimiliki oleh Brigjen Iwan adalah Wakil Kepala Latihan Kepala Staf Angkatan Darat.

Baca Juga: Panglima TNI Perintahkan Proses Hukum Komandan Pos Ramil Gome Papua terkait Gugurnya 3 Prajurit



Sumber : Kompas com


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.