Kompas TV nasional sosok

Ini Sosok Brigjen Iwan Setiawan, Danjen Kopassus Anyar Pilihan Andika Perkasa

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 07:36 WIB
ini-sosok-brigjen-iwan-setiawan-danjen-kopassus-anyar-pilihan-andika-perkasa
Sosok Brigjen TNI Iwan Setiawan yang ditunjuk oleh Panglima TNI Andika Perkasa sebagai Komandan Jenderal (Danjen) (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dikabarkan akan mengganti jabatan Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Brigadir Jenderal (Brigjen) Iwan Setiawan dipilih menggantikan Mayor Jenderal (Mayjen) Widi Prasetijono sebagai Danjen Kopassus, Selasa (29/3/2022) kemarin. 

Seperti diberitakan KOMPAS.TV, penggantian dilakukan karena Mayjen Widi dipercaya Panglima TNI untuk menduduki kursi jabatan Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro menggantikan Mayjen Rudianto.

Sementara Rudianto dikabarkan akan menjabat sebagai Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad).

Pergantian pimpinan di Kopassus ini juga dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna.

Brigjen Tatang menjelaskan, pergantian pimpinan di kubu TNI adalah wajar karena untuk regenerasi dan pola pembinaan karier prajurit, termasuk di lingkungan TNI AD.

Baca Juga: Panglima TNI Andika Perkasa Tunjuk Danjen Kopassus Baru

Lantas siapa sosok Brigjen Iwan Setiawan yang disebut sebagai orang nomor satu di Korps Baret Merah?

Lulusan Akademi Militer tahun 1992 dari kecabangan Infanteri ini lahir di Bandung, 16 Februari 1968 silam.

Iwan Setiawan memiliki banyak perjalanan karier di Kopassus. Jabatan yang terakhir ia duduki sejak 13 September 2021 adalah Wakil Asisten Latihan KSAD Bidang Kerjasama Militer.

Iwan pernah merasakan bertugas di Danyon 22/Grup 2/Kopassus pada 2008. Kemudian, dia pindah bertugas menjadi Wakil Komandan (Wadan) Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) selama 2012-2013.

Selang setahun Iwan Setiawan mendapatkan tugas untuk menjadi Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 22/Ota Manasa.

Selain itu dia juga sempat dipindahtugaskan menjadi Komandan Pusdikpassus pada 2014-2015 dan Komandan Rindam (Danrindam) Jaya pada 2015-2016 lalu menjadi Komandan Resor Militer (Danrem) 052/Wijayakrama pada 2016-2018.

Iwan Setiawan sempat merasakan menjadi Perwira Menengah (Pamen) Detasemen Markas Besar AD (Denma Mabesad) selama dua tahun, yaitu 2018-2020 dalam rangka mengikuti Pendidikan Lemhannas.

Kemudian, dia dipindahkan sebagai Danrem 173/Praja Vira Braja pada 2020-2021 yang berada di bawah naungan Kodam XVII/Cendrawasih.



Sumber : Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x