Kompas TV cerita ramadan panduan

Simak, Ini Cara Mudah Bisa Khatam Al-Qur'an 2 Kali di Bulan Ramadan

Kompas.tv - 7 April 2022, 20:50 WIB
simak-ini-cara-mudah-bisa-khatam-al-qur-an-2-kali-di-bulan-ramadan
Ilustrasi Al-Qur'an. Di bawah ini merupakan cara khatam Al-Qur'an berdasarkan hitungan matematis. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana caranya khatam 30 juz dalam Al-Qur'an selama Ramadan? Para ulama sejak zaman dahulu menghabiskan malam-malam Ramadan dengan mengakrabkan diri dengan tadarus Al-Qur'an.

Imam Syafii, pendiri mazhab Syafii yang banyak dianut di Indonesia dikisahkan mampu mengkhatamkan Al-Qur'an selama puluhan kali selama Ramadan. Bahkan, ada yang menyebut beliau mampu khatam Al-Qur'an hingga 60 kali selama Ramadan.

Tentu saja, sebagai umat biasa saja, kita akan kesulitan meniru beliau. Apalagi, Imam Syafii memang sedari kecil sudah hafal Al-Qur'an.

Lantas, bagaimana idealnya?

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash, Rasulullah saw bersabda: "Bacalah (khatamkan) Al-Qur'an setiap bulan (sekali)," (HR Bukhori).

Jika mengacu pada hadis tersebut, maka anjuran Nabi Muhammad bisa dilakukan umat Islam setidak-tidaknya 1 kali khatam selama Ramadan. Namun, ini tidak mutlak bagi setiap muslim. 

Cara berikut ini merupakan hitungan matematis tentang cara khatam Al-Qur'an dengan sederhana. Bahkan, dalam sebulan bisa 2 kali khatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan 2022 ini. 

Baca Juga: Besar Pahala Amalan Membaca Alquran di Bulan Ramadan

Cara Khatam Al-Qur'an, Bisa 2 Kali selama Ramadan

Al-Qur'an sendiri terdiri 114 surat dan 30 juz. Rata-rata jika mengacu pada lembar halaman, Al-Qur'an itu terdiri dari 604 halaman berdasarkan standar mushaf Al-Qur'an Standar Indonesia (MSI) yang dicetak oleh Unit Percetakan Al-Qur'an Kementerian Agama.

Jadi, bisa ditarget dengan rata-rata 20 halaman perhari.  Maka, jika ingin sebulan sekali khatam Al-Qur'an, maka lakukanlah sebagai berikut:

Khatam 1 Kali Al-Qur'an dalam Sebulan

Sehari 1 juz dengan ketentuan baca 4 halaman setiap selesai salat fardhu atau wajib. Atau, 2 halaman sebelum dan 2 halaman setelah salat.

Perhitungannya adalah: 4 halaman x 5 waktu salat x 30 hari Ramadan = 600 halaman. Catatannya, jumlah sisa halaman Al-Qur'an anggap saja sebagai bonus.

Khatam 2 Kali Al-Qur'an dalam Sebulan

Dalam sehari, Anda bisa targetkan membaca 2 juz Al-Qur'an. Ketentuannya, bacalah 4 halaman sebelum salat fardhu dan 4 halaman setelahnya.

Perhitungannya adalah: 4 halaman x 5 waktu salat x 2 kali x 30 hari Ramadan = 1.200 halaman. Catatannya, jumlah sisa halaman Al-Qur'an, anggap saja sebagai bonus.

 

Demikianlah metode sederhana untuk khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan.

Selamat mencoba!

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x