Kompas TV nasional peristiwa

Jumlah Jemaat Misa Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta Dibatasi 75 Persen

Kompas.tv - 15 April 2022, 17:03 WIB
jumlah-jemaat-misa-jumat-agung-di-gereja-katedral-jakarta-dibatasi-75-persen
Ruangan Gereja Katedral Jakarta. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumlah jemaat yang hadir dalam perayaan Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta dibatasi 75 persen dari total kapasitas. Artinya, hanya sekitar 1.105 orang yang beribadah di Gereja Katedral dalam rangkaian Pekan Suci Paskah 2022.

Sementara, untuk pengamanan terdiri dari unsur TNI, Polri, serta Satpol PP sekitar 100 orang. Mereka berjaga di sejumlah titik pintu masuk atau akses menuju Katedral.

Menurut Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie, ketentuan dari Keuskupan Agung Jakarta memang hanya 75 persen sesuai dengan kapasitas sejak PPKM level 2.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 355 umat berada di dalam Gereja Katedral, 330 umat berada di Plaza Mari, dan 420 umat di Aula Yohannes.

Baca Juga: Jumat Agung, Gereja Katedral Jakarta Gelar Misa

“Setiap kursi di Gereja Katedral sudah diatur dan diberi tanda jaga jarak antara umat yang satu dengan umat yang lain,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (15/4/2022).

Jemaat yang bisa beribadah di Gereja Katedral adalah mereka yang yang sebelumnya mendaftar lewat laman BelaRasa milik Keuskupan Agung Jakarta. Jemaat juga dipastikan harus dalam keadaan sehat.

"Jadi sejak awal, komitmen Keuskupan Agung Jakarta untuk memutus mata rantai penularan sehingga protokol kesehatan ketat itu wajib," ucapnya.

Baca Juga: Sorotan Berita: Natal di Gereja Katedral hingga Timnas Indonesia Masuk Final Piala AFF 2020

Pelaksanaan ibadah Jumat Agung di Katedral Jakarta digelar tiga kali. Pertama berlangsung secara daring pada pukul 12.00 WIB, secara hybrid pukul 15.00 WIB, dan terakhir pukul 18.00 WIB.

Rangkaian Pekan Suci Paskah ini dimulai dari Minggu Palma (9-10 April 2022), Kamis Putih (14 April), Jumat Agung (15 April), Malam Paskah (Sabtu, 16 April 2022) dan Hari Raya Paskah (Minggu, 17 April 2022).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x