Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Umumkan Tak Ada Penularan Covid-19 di Masjidil Haram Selama Umrah Ramadan 2022

Minggu, 24 April 2022 | 02:05 WIB
arab-saudi-umumkan-tak-ada-penularan-covid-19-di-masjidil-haram-selama-umrah-ramadan-2022
Otoritas Kesehatan Arab Saudi Klaim tak ada penularan wabah Covid-19 di Masjidil Haram selama umrah 2022. (Sumber: SPA)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

MAKKAH, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Arab Saudi, Fahd Al-Jalajel, mengumumkan tidak ada wabah penyakit yang sangat menular ataupun penularan Covid-19 yang meluas di antara jemaah umrah dan pengunjung di Makkah selama Ramadan 2022 ini, khususnya di Masjidil Haram.

Al-Jalajel mengatakan, laporan positif tentang ketiadaan minimnya penularan Covid-19 ini hasil dari pengukuran dan peraturan yang tepat dilakukan oleh otoritas, khususnya dari pemerintah yang dipimpin langsung oleh Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Dikutip dari Arab News berdasarkan laporan Saudi Press Agency, Kementerian Kesehatan selama ini terus memberikan perawatan medis yang menyeluruh untuk jemaah.

Al-Jalajel lantas menambahkan, pihaknya sudah merekrut lebih dari 18.000 pekerja untuk memberikan layanan kesehatan.

“Selama 20 hari pertama Ramadan, lebih dari 7.200 jemaah umrah menerima perawatan di Rumah Sakit Al-Haram dan berbagai pusat medis lainnya di tanah suci. Tenaga medis melakukan 36 operasi darurat dan 291 prosedur analisis biasa untuk kesehatan para jemaah,” paparnya dikutip dari Arab News Sabtu (23/4/2022).

Per Maret 2022 lalu, Arab Saudi secara resmi melakukan pelonggaran ibadah di tanah suci. Mulai dari pelonggaran protokol kesehatan seperti pemberlakukan jarak, masker yang diwajibkan jika di ruang tertutup -tapi tidak di ruang terbuka hingga pelonggaran terkait tes Covid-19. 

Hal ini mengkhawatirkan banyak pihak mengingat ada potensi penularan wabah masih mungkin terjadi ketika Saudi mulai membuka diri dari orang luar, termasuk mulai diberlakukannya haji pada tahun 2022.

Namun, hal itu dibantah oleh otoritas kesehatan dari Arab Saudi yang mengeklaim pihaknya sudah siap dengan pelbagai fasilitas kesehatan. 

Menurutnya, jika itu terjadi maka pemerintah sendiri sudah menyiapkan rumah sakit dan pusat perawatan kesehatan utama di wilayah Makkah dan di Masjidil Haram untuk mengantisipasi hal tersebut.  

Baca Juga: Arab Saudi Resmikan Kuota Haji 2022: Indonesia Terbanyak, Disusul Pakistan dan India

Kondisi Terkini Covid-19 di Arab

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x