Kompas TV advertorial

Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat Indonesia, Gramedia dan TikTok Hadirkan Kompetisi #SerunyaMembaca

Senin, 25 April 2022 | 12:00 WIB
tumbuhkan-minat-baca-masyarakat-indonesia-gramedia-dan-tiktok-hadirkan-kompetisi-serunyamembaca
Gramedia dan TikTok berkolaborasi mengadakan kompetisi edukasi untuk tumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia (Sumber: Dok. Gramedia)

Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Berdasarkan hasil survei terbaru UNESCO Januari 2020 yang bertajuk Literasi Dunia, minat baca masyarakat Indonesia berada di urutan kedua dari bawah.

Data ini secara spesifik menunjukan Indonesia menempati posisi ke-69 dari 127 negara dalam hal literasi, dengan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen.

Artinya, dari seribu orang Indonesia, hanya satu orang yang memiliki minat baca tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia masih memiliki minat baca yang cenderung rendah.

Untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia, Gramedia berkolaborasi dengan TikTok untuk menghadirkan kompetisi bertajuk #SerunyaMembaca yang akan diselenggarakan mulai 23 hingga 30 April 2022.

Kompetisi ini merupakan kampanye yang diselenggarakan oleh Gramedia dan TikTok dalam rangka Hari Buku Sedunia yang jatuh pada 23 April setiap tahunnya.

Baca jugaDukung Semangat Literasi, Kompas Gramedia Donasi Buku Bacaan ke SMP Katolik Tanjungpinang

Melalui metode gamification, Gramedia bersama TikTok ingin menunjukkan bahwa buku dapat menjadi media kegiatan yang seru dan menarik sehingga dapat meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Kampanye #SerunyaMembaca merupakan upaya Gramedia dan TikTok menunjukkan pentingnya media buku sebagai sarana ilmu serta menghibur bagi semua kalangan.

Melalui #SerunyaMembaca, pengguna TikTok dapat menemukan buku favorit serta inspirasi rekomendasi bacaan baru.

Selanjutnya, melalui fitur TikTok Shop, pengguna dapat langsung membeli buku yang disukainya melalui TikTok. Dari upaya ini, Gramedia dan TikTok ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih banyak membaca.

Lebih lanjut, kampanye #SerunyaMembaca merupakan kompetisi daring pengguna TikTok seluruh Indonesia untuk menyuarakan semangat literasi, sekaligus memperebutkan total hadiah 28 juta rupiah dan voucher Gramedia khusus bagi kreator konten terbaik.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta harus membuat minimal dua konten orisinal berupa video edukatif dan informatif seputar rekomendasi buku, kutipan terbaik dari buku yang pernah dibaca, ulasan buku, unboxing buku, atau konten serupa.

Peserta dapat mengunggah konten yang dikemas secara seru dan menarik ke TikTok menggunakan tagar #SerunyaMembaca.

Untuk mendapatkan gambaran tentang konten yang diunggah, peserta dapat melihat terlebih dahulu contoh konten video dapat disaksikan melalui tautan berikut:

Para pemenang berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah hingga 28 juta rupiah dan voucher Gramedia. Pemenang dari kompetisi #SerunyaMembaca ini akan diumumkan pada 15 Mei 2022.

Untuk menyemarakkan kompetisi #SerunyaMembaca, akan diadakan lima sesi livestreaming bersama tiga penulis dan dua influencer TikTok.

Penulis yang dimaksud adalah Dr. Meta Hanindita untuk sesi pertama, Almira Bastari pada sesi kedua, dan dilanjutkan oleh Candra Aditya pada sesi ketiga.

Selanjutnya, untuk sesi empat dan lima dilaksanakan oleh Senja Rindiani (@shcerrr) dan Alvi Syahrin (@alvisyhrn). Livestreaming ini akan diselenggarakan di akun TikTok @gramedia Sabtu, 23 April 2022, mulai dari pukul 12.00 hingga selesai.

Tidak hanya itu, penonton sesi livestream juga berkesempatan memenangkan giveaway sepuluh buku best seller persembahan Gramedia dan TikTok.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x