Kompas TV nasional peristiwa

100 Ribu Buruh akan Sampaikan 15 Tuntutan di DPR 14 Mei Mendatang

Kompas.tv - 25 April 2022, 20:35 WIB
100-ribu-buruh-akan-sampaikan-15-tuntutan-di-dpr-14-mei-mendatang
Ratusan buruh demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/4/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aksi unjuk rasa besar-besaran akan dilakukan oleh buruh di DPR RI, Jakarta pada 14 Mei 2022 mendatang. Dilaporkan sebanyak 100.000 buruh akan turun ke jalan dengan membawa 15 tuntutan.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan aksi tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Buruh atau May Day Tahun 2022.

“Jumlah massa 100.000 orang dari pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB, ada 15 tuntutan kepada DPR RI,” jelas Said Iqbal dalam konferensi virtual, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Aliansi Buruh Yogyakarta Bakal Gelar Aksi May Day setelah Lebaran

Aksi yang akan dilaksanakan tersebut tak hanya diikuti oleh Partai Buruh tetapi juga empat konfederasi serikat buruh. Keempatnya yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Aksi tersebut akan diikuti oleh sekitar 50-60 federasi serikat pekerja tingkat nasional.

Para peserta setelah menggelar aksi di gedung parlemen akan bergeser ke Jakarta International Stadium (JIS). Lokasi tersebut dipilih sebagai tempat gelaran May Day Celebration.

Baca Juga: Pimpinan DPR Buka Dialog dengan Buruh soal Revisi UU Cipta Kerja.

Said mengatakan pihaknya akan memberikan uang jaminan untuk dalam pengadaan kegiatan yang melibatkan banyak massa tersebut.

“Kita bayar kalau menggunakan JIS sesuai peruntukannya, bahkan kami akan membayar uang jaminan, itu biasa di GBK, Istora, di Sport Mal Kelapa Gading, itu biasa, itu namanya ada uang jaminan,” terang Said.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x