Kompas TV cerita ramadan cerita

Melihat Robot Cerdas Bekerja, BIkin Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Bersih Selama Ramadan 2022

Kompas.tv - 27 April 2022, 06:27 WIB
melihat-robot-cerdas-bekerja-bikin-masjidil-haram-dan-masjid-nabawi-bersih-selama-ramadan-2022
Otoritas Kesehatan Arab Saudi Klaim tak ada penularan wabah Covid-19 di Masjidil Haram selama umrah 2022, salah satunya berkat penggunaan robot cerdas (Sumber: SPA)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

 

MAKKAH, KOMPAS.TV – Kepresidenan Umum Arab Saudi untuk Urusan Dua Masjid Suci mengklaim robot-robot cerdas yang ditaruh di area dua masjid suci umat Islam, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, telah bekerja dengan bagus hingga membuat keduanya lebih bersih dan nyaman ibadah selama Ramadan 2022.

 

Mohammed Al-Jabri, Sekretaris jenderal Badan Layanan, Urusan Lapangan dan Perlindungan Lingkungan Dua Masjid Suci menyatakan, robot-robot cedas ini merupakan alat yang digunakan untuk tindakan pencegahan dan akan memastikan lingkungan sehat.  

Hal ini penting agar peziarah dalam melakukan ritual mereka, khususnya selama Ramadan, merasa aman dan bersih. Dan itulah yang terjadi. 

Di dua masjid suci itu, lanjut Al-Jabri, ada pengawasan konstan untuk desinfeksi dan sanitasi. Pihak otoritas juga menyatakan, disediakan transportasi dan layanan lain yang disediakan di gerbang Masjidil Haram untuk keperluan Jemaah.

Masjidil Haram, misalnya, memiliki 25.000 karpet dan mempepekerjakan sekitar 4.000 pekerja pria dan wanita, serta 11 robot pintar yang digunakan sebagaai deteksi dan sanitasai selama 24 jam tiap hari untuk memastikan kebersihan.

“Menggunakan lebih dari 840 peralatan dan mesin untuk memurnikan, serta membersihkan Masjidil Haram. Ini juga menindaklanjuti operasi pencegahan dan pengendalian lingkungan, serta dibantu tim untuk membersihkan semua area Masjidil Haram, termasuk halaman luar, toilet, lantai dan karpet,” kata Mohammed Al-Jabri dikutip dari Arab News, Rabu (27/4/2022).

Sala satu robot cerdas di Masjidl Haram yang bekerja untuk sanitasi (Sumber: AB)

Ia pun menambahkan, untuk para peziarah di tanah suci  juga bisa memanfaatkan beberapa teknologi untuk memudahkan menuju dan ketika berada di Masjidil haram.

"Ada 8.000 kereta golf listrik dan biasa untuk melayani peziarah, termasuk 5.000 kereta biasa dan hampir 3.000 kereta listrik, alat transportas ini  disanitasi sebelum dan sesudah digunakan," tambahnya.

Untuk memastikan pergerakan jamaah yang lancar dan terorganisir, pihaknya juga telah menugaskan pengawas di masing-masing dari 150 pintu Masjidil Haram untuk menerima jamaah, dan membimbing mereka ke area salat dan titik masuk-keluar yang berbeda di Masjidil Haram.

Pihak otoritas juga menyatakan, cara sanitasi dan robot-robot teknologi mutakhri ini salah satu faktor yang membuat di Arab Saudi jumlah infeksi virus Covid-19 juga tidak besar, bahkan cenderung melandai di Arab Saudi meskipun dua masjid suci umat Islam sudah dibuka lagi untuk Jemaah umrah dan ibadah Ramadan.

Baca Juga: Arab Saudi Umumkan Tak Ada Penularan Covid-19 di Masjidil Haram Selama Umrah Ramadan 2022

Robot Cerdas Digunakan Sejak Oktober 2021

Arab Saudi memperkenalkan robot-robot cerdas untuk membersihkan lantai halaman Masjidil Haram sejak Oktober 2021 lalu.  Perkenalan robot itu diresmikan oleh Syekh Dr. Abdulrahan bin Abdul Aziz al-Sudais, Ulama sekaligus Imam Dua Masjid Suci, Mekkah dan Madinah.

Robot-robot cerdas ini nantinya akan bekerja sebagai alat disinfeksi dengan kecepatan yang cukup menakjubkan. Ia mampu bekerja selama 4 jam, dengan kapasitas 68 liter air dan mampu mencakup dalam rentang 2000 meter persegi perjam.

“Ini untuk memastikan peziarah mendapatkan pengalaman terbaik dalam ibadah di masjid suci,” kata Sudais sebagaimana dikutip KOMPAS TV dari Saudi Gazette.

Sudais juga menjelaskan, pihak Masjidil Haram yang membawa dua masjid suci umat Islam, Nabawi di Madinah dan area masjidil Haram, telah melakukan metodologi yang ketat dan profesional hingga akhirnya memutuskan menggunakan teknologi robot cerdas ini.

Sudais juga memuji otoritas pemerintah Arab Saudi yang serius mempersiapkan teknologi termutakhir guna menghormati masjidil haram.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.