Kompas TV nasional indonesia update

Ini Cara Hindari Macet saat Mudik Lebaran: Cek Siaran Langsung Pantauan CCTV Jalan Tol

Kompas.tv - 28 April 2022, 07:56 WIB
ini-cara-hindari-macet-saat-mudik-lebaran-cek-siaran-langsung-pantauan-cctv-jalan-tol
Ilustrasi volume kendaraan di jalan tol. Selama musim mudik Lebaran 2022, Bina Marga menyediakan layanan berupa siaran langsung pantauan CCTV di sejumlah jalan tol. (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Kamis (28/4/2022), bakal menjadi puncak arus mudik Lebaran 2022 sebagaimana prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Oleh sebab itu, khususnya bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, pemantauan kondisi jalan raya menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar terhindar dari kemacetan.

Adapun, salah satu caranya yaitu dengan memantau live streaming mudik, seperti yang disediakan oleh Bina Marga dalam membagikan informasi mengenai situasi di jalan tol.

Siaran langsung dari Bina Marga itu dapat diakses oleh para pemudik lewat situs berikut ini, Live Streaming Mudik Lebaran 2022.

Baca Juga: Catat! Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Tol Dimulai Hari Ini, Berikut Titik Lokasinya

Dalam lama tersebut, pemudik yang melakukan perjalanan via tol dapat mengakses pantauan CCTV di 60 ruas jalan tol seluruh Indonesia.

Mulai dari Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Ruas Tol Bakahuni-Terbanggi Besar, Ruas Tol Gempol-Pasuruan, hingga Ruas Tol Bali Mandara.

Karena siaran kamera pengawas di sejumlah jalan tol itu berlangsung online dan real time, maka pemudik dapat menjadikannya sebagai acuan untuk menentukan waktu perjalanan mudiknya.

Tak hanya jalan tol, Bina Marga pun menyediakan siaran pantauan CCTV di jalan raya non tol secara online dan real time.

Baca Juga: Dear Pemudik, Ini Daftar Rest Area di Sepanjang Jalan Tol Jakarta-Surabaya

Sebagai tambahan, Bina Marga juga menaruh sejumlah informasi bermanfaat lainnya bagi pemudik di laman tersebut, seperti peta jalan, tarif dan navigasi tol, serta prakiraan cuaca.

Dengan demikian, pemudik diharapkan dapat menggunakan informasi-informasi itu sebagai salah satu modal untuk menempuh perjalanan mudik yang lancar, aman, dan nyaman.

Namun, pemudik sendiri juga harus tetap memperhatiakn kesiapannya sebelum dan selama menempuh perjalanan jauh.

Pastikan kondisi tubuh prima, kendaraan yang digunakan dapat berjalan secara optimal, dan siapkan keperluan tertentu seperti kartu e-toll dengan saldo cukup jika melalui jalan tol.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.