Kompas TV cerita ramadan panduan

Anies Imbau Warga Jakarta Takbiran di Masjid, Musala, atau JIS daripada di Jalanan

Kompas.tv - 29 April 2022, 15:47 WIB
anies-imbau-warga-jakarta-takbiran-di-masjid-musala-atau-jis-daripada-di-jalanan
Pengunjung berjalan memasuki Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022). (Sumber: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan penggunaan Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara sebagai tempat untuk takbiran menyambut hari raya Idulfitri 1443 hijriah.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengimbau kepada seluruh warga DKI Jakarta untuk tak melakukan kegiatan takbiran keliling kota.

Baca Juga: Ada Festival Bedug di JIS Saat Malam Takbiran

"Jadi tidak usah berputar-putar (untuk takbiran) dan pawai-pawai seperti itu, nanti khawatir ada kecelakaan. Pesan Bapak Gubernur, boleh takbiran di masjid dan mushala atau bisa datang ke Jakarta International Stadium untuk merasakan kegembiraan bersama-sama," kata Ali, Jumat (29/4/2022), seperti dikutip dari Antara.

Saat malam takbiran nanti, kata dia, lima wilayah kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta akan mengirimkan tim tabuh beduk berikut peralatan masing-masing.

"Jakarta Utara mengirimkan timnya termasuk peralatan pendukung lainnya, gendangnya dan personelnya enam sampai 10 orang," kata Ali.

Sebelumnya, Anies telah mengumumkan akan melaksanakan salat Idulfitri di JIS.

"Sekaligus kami kabarkan, Jakarta International Stadium siap menyambut jemaah salat Idulfitri pada 1 Syawal ini," ujar Anies dalam unggahan video pada akun Instagram @aniesbaswedan, Rabu (27/4/2022).

"Di tempat itu kita akan berdzikir, kita akan mengagungkan takbir di mahakarya kota ini, kita akan bersyukur dan bersujud memohon rida Ilahi," ujarnya.

Baca Juga: Sebanyak 300 Personel Satpol PP DKI Amankan Shalat Ied di JIS

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pelaksanaan salat id berjamaah di JIS, diminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) demi keselamatan bersama.

Menurut Marullah, salat id berjamaah di JIS digelar atas permintaan warga. 

Tidak hanya salat id berjamaah, Pemprov DKI juga mengadakan Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran di JIS.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Wibowo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 117 personel untuk pengamanan pelaksanaan salat Idulfitri di JIS.

"Tujuannya mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang dapat mengganggu perayaan hari raya Idulfitri 1443 hijriah," kata Wibowo.

"Itu salah satu bagian dari kegiatan masyarakat yang sudah kami siapkan 117 personel untuk pengamanan shalat id di Jakarta International Stadium," sambungnya.



Sumber : KOMPAS TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x