Kompas TV nasional sosial

Gelombang Terakhir Mudik Gratis Hari Ini, Kapolri Lepas 9.791 Pemudik Tujuan Jabar hingga Jatim

Kompas.tv - 29 April 2022, 18:25 WIB
gelombang-terakhir-mudik-gratis-hari-ini-kapolri-lepas-9-791-pemudik-tujuan-jabar-hingga-jatim
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melepas masyarakat mengikuti kegiatan mudik gratis Polri 2022 di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Jumat (29/4/2022). (Sumber: ANTARA/HO-Divisi Humas Polri.)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabawo melepas keberangkatan gelombang terakhir peserta mudik gratis Lebaran di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Jumat (29/4/2022).

Dalam gelombang ketiga ini, tercatat ada 9.791 pemudik yang diberangkatkan ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Baru saja kami melepas mudik gratis (gelombang) ketiga karena kita lakukan berturut-turut dari mulai dua hari lalu (Senin dan Selasa)" kata Sigit, Jumat.

Sebelumnya, mudik gratis dari Polri telah dilakukan secara bertahap sebanyak dua kali yaitu Senin (25/4/) dan Selasa (26/4).

Baca juga: Polri Ingatkan Pemudik Jaga Kondisi Fisik, Diminta Istirahat di Rest Area Terdekat Jika Lelah

Pada gelombang pertama, ada 540 peserta mudik yang diberangkatkan dengan menggunakan 13 armada bus.

Kemudian gelombang kedua, ada sebanyak 1.041 dengan menggunakan 25 armada bus.

Dengan demikian, kata Listyo, total peserta program mudik gratis tahun ini sebanyak 11.372 orang.

"Rata-rata mudik gratis ini diikuti saudara kita, ada yang PKL, tukang cukur, ada ASN, mahasiswa, buruh, dan profesi lain," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sigit mengimbau masyarakat yang mau mudik juga memanfaatkan moda transportasi umum lainnya seperti kereta api dan kapal laut.

Hal ini dilakukan guna mengurangi beban jalan dan menghindari kemacetan.

Baca juga: Hingga H-5 Lebaran, Jumlah Peningkatan Penumpang Tertinggi Ditempati Transportasi Udara

Selain itu, Sigit juga meminta masyarakat yang mudik tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), serta melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster jika belum dilakukan.

Ia mengingatkan kecenderungan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 setelah hari besar keagamaan dan tahun baru tidak terulang lagi dengan sama-sama mendisiplinkan diri menjaga protokol kesehatan.

"Positivity rate 0,58 di bawah 1. Angka harian 300-600 dan ini harus dipertahankan. Kita jaga mudik dengan aman namun sehat, juga pasca Idul Fitri angka Covid-19 bisa dikendalikan dan ini akan berdampak pertumbuhan ekonomi kita," kata Kapolri Sigit.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.