Kompas TV cerita ramadan cerita

Kisah Rasulullah Mudik di Bulan Ramadan Bersama 10.000 Muslim, Pulang ke Ka'bah dan Makkah

Kompas.tv - 30 April 2022, 05:30 WIB
kisah-rasulullah-mudik-di-bulan-ramadan-bersama-10-000-muslim-pulang-ke-ka-bah-dan-makkah
Ilustrasi Ka'bah. Inilah peristiwa Nabi saat mudik dalam peristiwa Fathul Makkah yang terkenal (Sumber: Konevi/Unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam sejarah, Rasulullah pun pernah mudik ke kampung halamannya di Makkah. Peristiwa itu terjadi di bulan Ramadan dalam peristiwa Fathul Makkah atau pembebasan kota Makkah Al-Mukarromah.

Peristiwa ini terjadi pada Ramadan tahun ke-8 Hijriah. Waktu itu Rasulullah tidak sendirian, melainkan bersama dengan 10.000 ribu umat muslim.

Dikutip dari Sirah Nabawiyah Muhammad yang ditulis Martin Lings, kepulangan Nabi ke Makkah dalam Fathul Makkah itu menjadi peristiwa besar dalam sejarah.  

Peristiwa itu menjadi titik pijak umat Islam bisa ‘pulang’ kembali ke Ka’bah dan Makkah, tempat awal mula Islam dan rumah bagi mereka.

Nabi kali pertama pergi merantau dan berhijrah ke Madinah pada 1 Muharram atau tahun 622 Masehi.

Baca Juga: Pidato Menggetarkan Rasulullah saat Fathul Makkah, Terjadi di Bulan Ramadan 8 Hijriah

Umat Islam bergerak ke Makkah

Rasulullah sendiri memimpin perjalanan ke Makkah dalam peristiwa Fathul Makkah tersebut. Nabi Muhammad memimpin 10.000 pasukan Islam dari Madinah menuju Makkah.

Awalnya, diprediksi, dengan jumlah muslim yang begitu besar, akan terjadi peperangan. Namun, faktanya tidak.

Kelompok Quraisy menyerah. Abu Sofyan, pimpinan Quraisy mendatangi Nabi dan menyatakan bersalah, serta baiat terhadap Islam sebelum umat muslim memasuki gerbang Makkah.

Sejarah mencatat, dalam peristiwa Pembebasan Makkah, kaum Quraisy sama sekali tidak melakukan perlawanan terhadap pasukan Islam. Tidak ada darah maupun peperangan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.