Kompas TV cerita ramadan panduan

Sering Diucapkan saat Idulfitri, Ketahui Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan Cara Menjawabnya

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 22:06 WIB
sering-diucapkan-saat-idulfitri-ketahui-arti-taqabbalallahu-minna-wa-minkum-dan-cara-menjawabnya
Ilustrasi suasana Idulfitri. Berikut merupakan arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum beserta cara menjawabnya. (Sumber: Freepik.com/Odua)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat hari raya Idulfitri, selain "Mohon maaf lahir batin", ucapan "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum" juga sering diucapkan antarsesama muslim di Indonesia.

Kendati demikian, masih banyak yang belum tahu apa arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan bagaimana cara menjawabnya. 

Untuk diketahui, ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Ya Karim memiliki arti “Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian”.

Untuk diketahui, ucapan ini telah menjadi hal yang lumrah dikatakan ketika hari raya sejak zaman Rasulullah SAW.

Ibnu Hajar Al Asqalani menuliskan dalam kitabnya yang berjudul Fathul Baari bahwa “Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka.”

Lantas bagaimana jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum?

Dilansir Tribunnews, dalam riwayat sahabat serta salafush shalih yang sampai kepada kita, jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum adalah doa yang sama, yakni Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

Baca Juga: Jika Bangun Kesiangan, Bolehkah Salat Idulfitri Sendiri di Rumah?

Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah,

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.” (HR Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a)

Demikianlah jawaban sahabat dan salafus shalih, ketika mendapatkan ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Jawaban ini seperti perintah Allah dalam Alquran,

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal” (QS An Nisa’ : 86).

Di lain sisi, terkait hukum mengucapkan kalimat 'selamat' tersebut di hari raya, ulama mengatakan hukumnya mubah atau boleh.

"Dalam menjawab persoalan ini para ulama berbeda pendapat. Sementara menurut pendapat saya, hal ini termasuk mubah. Bukan sunah, apalagi bid’ah," tutur Syaikh al-Hafidz Abul Hasan Al-Maqdisi.

Hukum mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum adalah boleh di hari Lebaran.

Baca Juga: Besok Lebaran, Jangan Lupa Ini Batas Waktu Bayar Zakat Fitrah dan Bacaan Niatnya



Sumber : Kompas TV/Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x