Kompas TV internasional kompas dunia

Pusat Pengendalian Penyakit AS Selidiki 109 Kasus Hepatitis Langka Pada Anak-anak

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 07:26 WIB
pusat-pengendalian-penyakit-as-selidiki-109-kasus-hepatitis-langka-pada-anak-anak
Ilustrasi seorang anak menderita penyakit hepatitis. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV — Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyelidiki lebih dari 100 kasus penyakit hati yang misterius dan parah pada anak-anak, yang telah menyebabkan lima kematian.

Sekitar dua lusin negara bagian di AS telah melaporkan terjadinya penyakit yang masih misterius ini.  CDC telah meminta dokter untuk waspada terhadap kasus hepatitis yang mengejutkan. Kasus-kasus tersebut terjadi pada akhir Oktober pada anak-anak di bawah 10 tahun. Sejauh ini, hanya sembilan kasus di Alabama yang telah dikonfirmasi.

“Kami menyebarkan jaring lebar untuk memperluas pemahaman kami,” kata Dr. Jay Butler dari CDC seperti dikutip dari The Associated Press.

Hingga kini penyebab hepatitis langka ini masih belum diketahui. Adenovirus terdeteksi pada separuh anak-anak, "tetapi kami tidak tahu apakah itu penyebabnya," kata Butler.

Ada puluhan jenis adenovirus, banyak di antaranya terkait dengan gejala seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, dan mata merah. Namun beberapa versi bisa memicu masalah lain, seperti peradangan di lambung dan usus. 

Baca Juga: Rekomendasi IDAI, Ini Pertolongan Pertama Gejala Hepatitis Misterius terhadap Anak

Pejabat kesehatan AS belum melihat bukti gelombang besar infeksi adenovirus, meskipun banyak dokter biasanya tidak mengujinya.

Minggu ini, pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan mereka memiliki laporan hampir 300 kemungkinan kasus ini terjadi di 20 negara.

Di AS, sebagian besar anak-anak adalah balita, hampir semuanya dirawat di rumah sakit dan delapan di antaranya menerima transplantasi hati

"Ini masih merupakan kejadian yang sangat langka. Sebagian besar kasus ini telah pulih dan mereka dapat pulih sepenuhnya."

Misteri itu dimulai pada bulan November lalu, ketika pejabat kesehatan Alabama mulai menyelidiki kasus pertama dari sembilan kasus hepatitis parah pada anak-anak di negara bagian itu. Tidak ada yang dinyatakan positif virus yang biasanya menyebabkan hepatitis. Namun, mereka dinyatakan positif adenovirus.

Baca Juga: Hindari Berenang di Kolam Renang Umum, Hepatitis Akut Diduga Terjadi Melalui Oral dan Pernapasan

Butler mengatakan anak-anak di Alabama tersebut tidak divaksinasi COVID-19. Hepatitis atau radang hati yang misterius ini memiliki gejala demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, urin berwarna gelap, tinja berwarna terang, nyeri sendi, dan penyakit kuning.

Selain Alabama, negara bagian yang melaporkan dugaan kasus ini di AS adalah California, Colorado, Delaware, Florida, Georgia, Idaho, Illinois, Indiana, Louisiana, Michigan, Minnesota, Missouri, North Carolina, North Dakota, Nebraska, New York, Ohio, Pennsylvania, Tennessee, Texas, Washington, Wisconsin. Puerto Rico juga melaporkan setidaknya satu kasus.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x