Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Berharap Kontingen Indonesia Naik Rangking di Sea Games ke-31 Vietnam

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 10:53 WIB
jokowi-berharap-kontingen-indonesia-naik-rangking-di-sea-games-ke-31-vietnam
Presiden Jokowi saat Melepas Tim Indonesia Menuju 31st SEA GAMES Vietnam 2021 Tahun 2022, Senin (9/5/2022) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap Kontingan Indonesia untuk Sea Games ke-31 di Veitnam dapat memperbaiki posisi perolehan rangking medali dari keempat menjadi ketiga hingga kesatu.

Sebagaimana diketahui, pada Sea Games ke-30 di Filipina, Indonesia berada di posisi keempat untuk perolehan medali.

Posisi ini naik satu peringkat dari Sea Games yang digelar di Singapura dan Malaysia.

Demikian keterangan Presiden Jokowi saat melepas Tim Indonesia menuju 31st SEA GAMES Vietnam 2021 Tahun 2022, Senin (9/5/2022).

“Saya ingat, di Sea Games-Sea Games sebelumnya di Singapura 2015 kita berada di peringkat ke-5, kemudian di Malaysia kita juga berada di peringkat kelima, dan di 2019 kemarin di Filipina kita masuk ke peringkat keempat,” kata Jokowi.

“Kali ini kita semua ingin agar game ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking yang ketiga, kedua, atau ke-1,” tambahnya.

Baca Juga: Tarif Listrik Mau Naik, Pemerintah Sebut RI Jual Listrik Lebih Murah Dibanding Negara Lain di ASEAN

Presiden Jokowi meyakini target untuk mencapai rangking lebih baik dari tahun sebelumnya memang bukanlah perkara mudah.

Namun Presiden Jokowi optimistis, karena atlet yang akan bertanding di Sea Games ke-31 diberangkatkan melalui seleksi ketat.

“Memang bukan hal yang mudah, tapi bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Jokowi, kontingen yang diberangkatkan kali ini betul-betul dilakukan melalui seleksi ketat.

“Kita semuanya, masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia,” ucap Presiden Jokowi.

Sebagaimana disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Kontingen Indonesia yang dikirimkan untuk Sea Games ke-31 ke Vietnam adalah 776 orang.

Mereka terdiri dari atlet 499 orang, official 214 orang, pendamping 63 orang, dan akan mengikuti 318 nomor pertandingan dari 32 cabang olahraga.

Baca Juga: Verawaty Fajrin, Pembawa Obor Asean Games dan Peraih 12 Emas Itu Kini Terbaring Sakit

“Dalam pengiriman ke Sea Games ke 31 ini mulai diterapkan penseleksian secara ketat, sehingga yang direkomendasikan oleh tim review untuk berangkat ke Sea Games ke-31 di Vietnam Tahun 2022 ini 776 orang,” katanya.

Jumlah kontingen yang diberangkatkan pada Sea Games ke-31 jauh berkurang jika dibandingkan dengan Sea Games ke-30 di Filipina pada 2019.

“Yaitu 1304 orang, terdiri dari atlet 841 orang, official 300 Orang, pendamping 163 orang, walaupun jumlahnya bekurang tapi tetap diharapkan dapat menjadi tolok ukur pembinaan prestasi olahraga nasional,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x