Kompas TV nasional peristiwa

Ribuan Pemudik Gratis Kemenhub via Laut Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 12:32 WIB
ribuan-pemudik-gratis-kemenhub-via-laut-tiba-di-pelabuhan-tanjung-priok
Kapal Ciremai yang mengangkut pemudik gratis sepeda motor Kemenhub (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Ribuan peserta mudik gratis sepeda motor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) via jalur laut dari Semarang, Jawa Tengah, telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (11/5/2022).

Menurut Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Wisnu Handoko mengatakan, ribuan penumpang tersebut merupakan rombongan peserta arus balik dari mudik gratis 2022 menggunakan kapal Ciremai.

"Untuk sepeda motor ada 466 kendaraan, sedangkan orangnya ada 1.182 orang," kata Wisnu di lokasi, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (11/5).

Ia menyebut, animo masyarakat yang mengikuti mudik gratis tahun ini sangat tinggi. Hal itu jadi pertanda bahwa masyarakat dapat memanfaatkan mudik gratis tersebut dengan baik.

Wisnu juga mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi dari kegiatan mudik gratis tahun ini untuk pelaksanaan di tahun depan.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Lebaran Daop 4 Semarang Layani 24.565 Penumpang

Ia berharap, besarnya animo masyarakat bisa seperti tahun 2018. Saat itu, kata dia, masyarakat yang mendaftar mudik gratis sangat banyak bahkan hingga mengoperasikan 16 kapal.

"Kalau dibandingkan yang mudik menggunakan sepeda motor masih bisa (dilaksanakan), tapi nanti kita juga bisa lihat hasil evaluasi perhubungan darat. Mudik gratis memberikan opsi," ucap dia.

Diketahui sebelumnya, Kementerian Perhubungan menggelar mudik gratis khusus sepeda motor via jalur laut dengan menggunakan dua armada kapal yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

Kedua kapal tersebut merupakan kapal 3 in 1 yang dapat mengangkut orang, barang dan kendaraan dengab mapasitas masing-masing kapal tersebut dapat mengangkut ±1.250 Unit Motor dan 2,500 penumpang.

Adapun rute  untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta – Semarang - Surabaya (Arus Mudik) dan Surabaya - Semarang – Jakarta (Arus Balik).

Jadwal mudik rute Jakarta – Semarang – Surabaya dengan KM Dobonsolo yaitu tanggal 26 April 2022 Jam 13:00 WIB dan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 Jam 22:00 WIB yang semuanya berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sedangkan jadwal balik rute Surabaya – Semarang – Jakarta dengan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 Jam 17:00 WIB dan KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 Jam 17:00 WIB.

Baca Juga: Arus Balik Di Pelabuhan Soekarno Hatta Dipadati Penumpang



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x