Kompas TV nasional peristiwa

Kantongi Izin Demo di JIS, Buruh Tetap Gelar Aksi MayDay Fiesta di GBK Sabtu 14 Mei

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 17:38 WIB
kantongi-izin-demo-di-jis-buruh-tetap-gelar-aksi-mayday-fiesta-di-gbk-sabtu-14-mei
Massa aksi demonstrasi dari elemen buruh memadati kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (Sumber: KOMPAS.com/Tria Sutrisna)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serikat buruh akan menggelar aksi MayDay Fiesta dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (14/5/22) mendatang. 

"Hari Sabtu sudah ditetapkan di Gelora Bung Karno," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani kepada awak media, Kamis (12/5/22). 

Sebelumnya, sempat ada wacana buruh menggelar aksi MayDay Fiesta 2022 di Jakarta International Stadium (JIS).

Menurut Andi, pihaknya sudah mendapatkan izin untuk menggelar aksi di JIS, namun memutuskan untuk tetap melakukan aksi di GBK. 

"Kami menganggap GBK di titik tengah, tidak ada alasan politis apa pun. JIS, saya tegaskan, akhirnya kemarin diizinkan," kata Andi. 

Baca Juga: Perwakilan Buruh Diterima oleh Kantor Staf Presiden, Tuntutan akan Dipelajari

Selain itu, Andi mengatakan, kapasitas GBK lebih besar dibanding JIS di mana GBK dapat menampung 65 ribu massa buruh. 

"Kapasitasnya lebih besar karena 65 ribu massa buruh, kami juga membatasi setiap bangku, diberi jarak satu bangku satu bangku untuk physical distancing untuk protokol kesesehatan yang ketat," kata dia. 

Lebih lanjut, Andi juga menyampaikan permintaan maaf kepada warga Jakarta karena pada Sabtu 14 Mei 2022 mendatang akan ada sekitar 1.900 bus yang masuk ke Jakarta. 

Namun, Andi memastikan aksi tersebut akan berjalan damai. 

"Kami minta maaf pada warga Jakarta, akan ada sekitar 1.900 bus masuk Jakarta di tanggal 14 Mei. Kami minta maaf karena ini kegiatan satu tahun sekali. Kami pastikan aksi tersebut adalah aksi damai," kata dia. 

Baca Juga: Demo Buruh dan Mahasiswa di Patung Kuda, Polda Metro Tutup Akses Jalan Medan Merdeka Menuju Istana

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x