Kompas TV nasional politik

Jalinan Koalisi Usai Lebaran, Antara Pandemi dan Pesan Jokowi

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 07:41 WIB
jalinan-koalisi-usai-lebaran-antara-pandemi-dan-pesan-jokowi
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) dan Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa serta Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berpegangan tangan sebagai tanda dimulainya kerja sama partai menyongsong Pemilu 2024, Kamis (12/5/2022). (Sumber: KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar  Airlangga Hartanto,  Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Jakarta, Kamis  malam (13/5/2022) sepakat membentuk koalisi.

"Hari ini saya berjumpa dengan Pak Airlangga Hartaro dari Partai Golkar dan Pak Suharso Monoarfa dari PPP. Kami sepakat membangun koalisi gagasan. Koalisi untuk membangun Indonesia dengan pikiran, dengan nilai, dengan semangat, dan impian-impian besar. Tentu untuk mewujudkannya perlu kebersamaan," ujar Zulhas, sapaan ketua umum PAN, dalam keterangan tertulis, Jumat (13/5/2022).

"Kita ini bertiga dan bersatu," kata Airlangga sambil berjabat tangan dengan Zulkifli dan Suharso di hadapan wartawan, Kamis.

Baca Juga: Zulhas, Airlangga dan Suharso Bentuk Koalisi 'Bertiga Bersatu' di Pemilu 2024

Sebelumnya, Ketua Partai Gerindra sudah terlebih dahulu berkunjung ke kediaman Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri di hari pertama lebaran. Kunjungan silaturahmi ini disebut tidak bicara politik. Namun sebagian pengamat memprediksi hal ini akan berlanjut pada koalisi antara Gerindra dan PDIP.

Apalagi momen sehabis lebaran ini, masih dalam suasan silaturahmi. Hal yang lazim dilakukan saling berkunjung. Kenyataan ini ditambah dengan makin melandainya pandemi covid-19, seperti disampaikan oleh pemerintah sendiri.

Saat ini tingkat hunian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) juga sangat rendah hanya 2 persen dari keseluruhan bed yang tersedia. Selain itu, Menko Kemaritiman dan Invstasi Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan kasus kematian turun hingga 98 persen dan positivity rate berada di bawah 0,7 persen%. "Berdasarkan data-data di atas kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idul Fitri hingga saat ini masih terkendali," kata Luhut dalam Konferensi Pers Virtual, Senin (9/5). 

Meski demikian, Presiden Jokowi mengingatkan para menterinya untuk fokus pada pekerjaan.

"Berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024 yang sudah akan dimulai pertengahan tahun ini, saya juga minta menteri kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja di tugasnya masing-masing," kata Jokowi, Senin (9/5/2022).

Airlangga Hartarto, Suharso Monoarfa dan Prabowo Subianto adalah pejabat publik yang memiliki jabatan di pemerintahan sebagai Menko Perekonomian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Menteri Pertahanan.

Baca Juga: Awal 2023, Demokrat akan Umumkan Koalisi Parpol di Pilpres 2024

 

Tampaknya, momen lebaran dan melandainya pandemi membuat para pejabat publik itu mulai ancang-ancang untuk ngebut menuju perhelatan 2024. Apalagi, tahun politik sudah mulai terasa. Penjajagan setiap tokoh dan parpol pun mulai berseliweran.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x