Kompas TV nasional update

Hari Ini 50 Ribu Orang akan Gelar Aksi di Jakarta, Mulai dari Buruh, Petani, hingga Ojek Online

Kompas.tv - 14 Mei 2022, 06:04 WIB
hari-ini-50-ribu-orang-akan-gelar-aksi-di-jakarta-mulai-dari-buruh-petani-hingga-ojek-online
Massa aksi demonstrasi dari elemen buruh memadati kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Mei 2022. (Sumber: KOMPAS.com/Tria Sutrisna)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hari ini, Sabtu (14/5/2022), puluhan ribu buruh di Jakarta dijadwalkan menggelar aksi memperingati Hari Buruh Internasional di dua lokasi berbeda.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyebut aksi akan dilaksanakan di depan Gedung DPR/MPR RI dan Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

"Jam 10.00 sampai 12.00 WIB aksi di depan Gedung DPR RI lebih dari 50.000 buruh dari seluruh Jabodetabek," ucapnya, Jumat (13/5/2022), dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya, jumlah awal massa yang direncanakan hadir sebanyak 100 ribu orang.

Tapi, setelah melakukan dialog dengan pihak berwajib, massa berkurang menjadi lebih dari 50.000 pekerja saja.

Baca Juga: Aksi Demo Buruh Digelar di Gedung DPR dan GBK Besok, 50.000 Pekerja Lebih akan Turun ke Jalan

"Rencananya 100.000 buruh akan aksi besok 14 Mei, tetapi karena kami sudah mengadakan dialog dengan aparat keamanan dan Satgas Covid-19, maka jumlah peserta aksi kami kurangi menjadi lebih 50.000 orang karena kami akan menjalankan prokes (protokol kesehatan)," lanjutnya.

Setidaknya ada empat konfederasi serikat buruh yang rencananya akan turut dalam aksi hari ini.

Mereka adalah Partai Buruh, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI).

Baca Juga: Perayaan Hari Buruh Internasional, Polisi Minta Warga Tak Berolahraga Pagi di GBK Besok

Selain anggota dari serikat buruh tersebut, Iqbal menyebut banyak unsur lain akan ikut turun ke jalan untuk melakukan aksi.

"Ditambah Serikat Petani Indonesia dan unsur lainnya, yaitu buruh migran, forum guru honorer, aktivis organisasi perempuan percaya, jala pembantu rumah tangga, hingga ojek online," jelasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x