Kompas TV regional agama

Jelang Perayaan Puncak Waisak, Umat Buddha Makassar Mulai Sembahyang di Wihara

Minggu, 15 Mei 2022 | 16:19 WIB
jelang-perayaan-puncak-waisak-umat-buddha-makassar-mulai-sembahyang-di-wihara
Umat Buddha tampak mulai keluar dari Vihara Girinaga setelah bersembahyang, Minggu (15/5/2022). Panitia dan polisi setempat juga tampak menjaga keamanan di lokasi. (Sumber: Kompas TV)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Umat Buddha di Makassar, Sulawesi Selatan, mulai melakukan ibadah di Vihara Girinaga dan Klenteng Xianma pada Minggu (15/5/2022), menjelang perayaan puncak Waisak yang jatuh besok.

Jurnalis Kompas TV, Rama Pratama, melaporkan bahwa jelang perayaan puncak Waisak 2566 BE pada Senin (16/5/2022) besok, sebagian umat Buddha tampak melakukan ibadah di sejumlahh wihara dan klenteng di Kota Makassar.

Di Vihara Girinaga, umat Buddha telah melakukan sembahyang sejak pagi hari. Pengurus Vihara Girinaga, Charles, mengatakan bahwa ibadah di klenteng ini dibagi menjadi dua sesi, yakni pada pagi dan sore hari, untuk menghindari kepadatan warga.

"Hari ini sesi pagi untuk anak-anak, kalau siang untuk dewasa," kata Charles.

Ia menambahkan, tidak ada kirab yang dilakukan di Vihara Girinaga karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Persiapan Waisak sudah kami lakukan sejak minggu lalu, sudah mulai pembersihan. Sampai saat ini kondisi aman dan terkendali," terang Charles.

Baca Juga: Sambut Waisak, Ratusan Biksu dan Umat Buddha Sakralkan Api Abadi di Jateng

Kepolisian Ditsamapta Polda Sulawesi Selatan juga telah bersiaga dengan melakukan patroli dengan mengendarai motor ke sejumlah wihara. 

Selain itu, polisi juga berjaga di depan wihara dengan membawa senjata laras panjang untuk menjaga keamanan ibadah umat Buddha.

"Dari hasil pantauan kami di lokasi wihara, situasi sangat aman dan warga tampak antusias dalam hal toleransi," kata Fada, salah satu polisi yang berpatroli.

Sementara itu, Charles belum dapat memperkirakan jumlah umat Buddha yang akan melakukan ibadah pada hari ini. Namun, ia mengatakan bahwa perayaan Waisak sebelumnya dihadiri oleh sekitar seribu orang.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Penyebar Video Mesum Mengaku Iseng

Selasa, 16 Agustus 2022 | 01:17 WIB
Close Ads x