Kompas TV olahraga kompas sport

Kata Taufik Hidayat Soal Kekalahan Indonesia dari India di Thomas Cup 2022

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 19:44 WIB
kata-taufik-hidayat-soal-kekalahan-indonesia-dari-india-di-thomas-cup-2022
Taufik Hidayat saat masih aktif sebagai atlet bulu tangkis. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - India keluar sebagai pemenang Piala Thomas 2022 setelah menghempaskan Indonesia 3-0 pada Ahad (15/5/2022).

Ini merupakan kemenangan pertama India dalam ajang kejuaraan beregu bulu tangkis putra Thomas Cup. Kemenangan India dipastikan setelah Kidambi Srikanth mengalahkan Jonatan Christie 21-15, 23-21 dalam waktu 48 menit.

Akibat torehan ini, legenda hidup bulu tangkis, Taufik Hidayat, angkat suara. Menurutnya, mental para wakil Indonesia perlu diperbaiki lagi.

"Pemain pasti lebih kecewa ya, tapi jika dilihat dari keseluruhan final tadi itu, India memang lebih percaya diri dan tidak terbebani. Namanya olahraga pasti ada yang menang dan kalah," kata Taufik kepada KOMPAS.TV, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga: India Ukir Sejarah Baru Thomas Cup, Pertama Kali Raih Juara di 2022

"Jadi yang perlu diperbaiki adalah mental para pemain ya. Karena jika hanya fisik saja tidak cukup, mental sangat berpengaruh ketika di pertandingan final," tambahnya.

Ia juga menyorot performa para wakil tunggal putra. Katanya, Indonesia perlu pelatih yang lebih mumpuni untuk meningkatkan performa sektor tunggal putra. 

Menurut Taufik, seharusnya masalah ini bisa jadi prioritas PBSI.

"PBSI seperti menganggap enteng soal pelatih tunggal putra ini. Mau sampai kapan tidak ada pelatih tunggal putra yang mumpuni? Padahal ini masalah penting. Karena pelatih yang mumpuni sangat mempengaruhi performa pemain."

"Jika seperti ini terus maka hasilnya akan sama. Jadi soal pelatih memang harus dirombak total ya agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi," tambahnya.

Dalam final Thomas Cup 2022 yang bergulir di Impact Arena, Nonthaburi, Thailand, selain Jonatan, kekalahan juga dicatat tunggal pertama Anthony Sinisuka Ginting dan ganda pertama, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan.

Ginting kalah dari Lakshya Sen 21-8, 17-21, dan 16-21. Sementara pasangan KeBab, sebutan bagi pasangan Kevin/Ahsan, dikandaskan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dengan skor akhir 21-18, 21-23, 19-21.

India yang lolos ke semifinal dengan status runners up grup, akhirnya menjadi juara Piala Thomas 2022.

India pun mencetak sejarah dengan menembus daftar juara Thomas Cup yang selama ini hanya dihuni Indonesia, China, Malaysia, Denmark dan Jepang. Luar biasanya lagi, India sebelumnya belum pernah sekalipun mencapai partai final.

Baca Juga: Final Thomas Cup 2022: Ini Komentar Sigit Budiarto soal Kekalahan Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x