Kompas TV regional agama

Suka Cita Umat Buddha Rayakan Waisak di Bandar Lampung

Senin, 16 Mei 2022 | 18:56 WIB
suka-cita-umat-buddha-rayakan-waisak-di-bandar-lampung
Pelaksanaan peringatan hari raya Tri Suci Waisak di Wihara Thay Hin Bio, Bandar Lampung, Senin (16/5/2022). (Sumber: ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.TV - Setelah dua tahun tidak dapat melaksanakan peribadatan pada hari raya Waisak di tempat ibadah karena pandemi Covid-19, kini umat Buddha di Bandar Lampung kembali dapat melakukannya di wihara.

Umat Buddha di Bandar Lampung telah meramaikan peringatan Waisak di berbagai wihara, salah satunya di wihara tertua, yaitu Wihara Thay Hin Bio.

Dilansir dari Antara, sejak pagi hari hingga menjelang siang hari, umat Buddha telah mendatangi wihara dengan ornamen khas Tiongkok itu untuk memanjatkan doa dan melakukan meditasi.

Pemimpin puja bakti, Viria, menerangkan bahwa selama dua tahun belakangan, terdapat pembatasan kunjungan bagi umat di wihara tertua di Sai Bumi Ruwa Jurai itu.

Mereka hanya dapat melakukan upacarita untuk melaksanakan ritual keagamaan di wihara yang berlokasi di Jalan Ikan Kakap, Pesawahan, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung tersebut.

Menurut Viria, umat Buddha telah melaksanakan rangkaian peringatan Waisak sejak 8 Mei 2022, dengan memandikan rupang Maha Bodhisatva Siddharta serta membacakan Sutra Maha Karuna Dharani. 

Kegiatan yang merupakan ritual Yi Fo tersebut menjadi lambang dari penyucian diri menjadi sosok yang lebih baik.

Baca Juga: Biksu dan Umat Buddha Lakukan Tradisi Kirab Waisak

"Hari ini kami membacakan paritta-paritta suci di ruang Bhaktisala untuk menyambut detik-detik Waisak yang jatuh pada pukul 11.13 WIB. Tidak lupa juga kami lakukan meditasi untuk mengintrospeksi diri atas segala perbuatan yang dilakukan," ucapnya.

Ia mengatakan, hari raya yang mengusung tema "Dalam cinta kasih semua bersaudara" itu terasa jauh berbeda dari dua tahun sebelumnya.

Halaman Selanjutnya


Sumber : ANTARA

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Harga Mie Kering Mulai Naik

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:45 WIB
Close Ads x