Kompas TV entertainment musik

Anak Musisi Ahmad Dhani Bentuk Qadir Band, Luncurkan Album "Seribu Bulan"

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 07:03 WIB
anak-musisi-ahmad-dhani-bentuk-qadir-band-luncurkan-album-seribu-bulan
Qadir Band luncurkan album perdana "Seribu Bulan"(Sumber: Antara-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Anak dari musisi Ahmad Dhani, Dul Jaelani, resmi membentuk band yang diberi nama Qadir Band.  Mereka pun langsung rilis album perdana yang diberi tajuk "Seribu Bulan".

"Qodir ini jadi adalah band baru, tapi sebenarnya sudah lama kita bentuk. Tapi mungkin secara formasi bisa disebut baru," ungkap Dul saat dijumpai di Jakarta Selatan, Senin (16/5/2022) dikutip dari Antara.

Menurut Dul, Qodir Band  merupakan lanjutan band yang dulu pernah terbentuk. "Mungkin ada yang pernah tau band-ku namanya Backdoor yang vakum di tahun 2016. Singkat cerita tahun 2021 kita rekaman lagi. Jadi bisa dibilang band ini baru-baru lam," tambahnya.

Lebih lanjut, Dul juga menjelaskan alasannya memilih nama album "Seribu Bulan". Menurutnya, nama "Seribu Bulan" merupakan suatu judul yang tematik dan islami. Selain itu, judul tersebut juga cocok untuk tema serta genre musik dari Qodir yang beraneka ragam.

"Jadi kita pakai banyak genre. Dan kita ini ingin ngasih nama album yang sebenarnya tematik. Karena mbahnya psychedelic itu Pink Floyd, dia punya album dulu itu yang ngetop "Dark Side of The Moon". Artinya kan sisi gelap bulan. Nah kita mu bikin sisi terang matahari tapi kepanjangan," kata Dul.

Baca Juga: Cerita Ahmad Dhani Awal Mula Ajak Ello Jadi Vokalis Dewa 19: Seperti Temukan Janda Muda

"Kita sudah ngutip apa ya bagusnya. Misal "Reformasi" kayaknya nggak bagus. Jadi saya karena ingin tematik itu, akhirnya "Asik juga ya Seribu Bulan". Karena kan islami banget. Itu tema dari islam yang menurut kita nyambung sama musik-musik kita. Kebetulan juga di album ini temanya banyak. Jadi sepakat "Seribu Bulan"," tambahnya.

Dari tema lagu, Qodir mengangkat isu-isu sosial yang terjadi pada anak remaja saat ini seperti kecemasan remaja, kebebasan ekspresi, pemberontak, cita-cita, keresahan di media sosial hingga kejiwaan. Hal ini disuarakan Qodir seperti single pertama Qodir yang berjudul "Sakit Cinta".

Baca Juga: Cerita Seru PREP Band Indie Asal London Saat Pertama Kali Manggung di Bandung, Kaget!

"Sakit Cinta" merupakan lagu yang membahas tentang seseorang yang depresi dan mengalami gangguan jiwa karena jatuh cinta. Sementara album "Seribu Bulan" adalah sisi lain Dul Jaelani yang ingin mengupas sisi kehidupan anak muda zaman sekarang yng penuh dinamika dan romantikanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.