Kompas TV nasional peristiwa

DKI Jakarta Jadi Tuan Rumah Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional ke-33

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 18:31 WIB
dki-jakarta-jadi-tuan-rumah-kongres-dunia-asosiasi-penerbit-internasional-ke-33
DKI Jakarta jadi tuan rumah Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional ke-33/International Publishers Association World Congress (IPA World Congress) 2022. (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah dari Kongres Dunia Asosiasi Penerbit Internasional ke-33/International Publishers Association World Congress (IPA World Congress) 2022.

Rencananya, kongres ini akan digelar pada 10-12 November 2022. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut baik rencana ini dan mengatakan Jakarta terhormat bisa menjadi tuan rumah dari kongres tersebut. 

"Jakarta mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah Kongres Dunia IPA 2022, yang merupakan acara dua tahunan terbesar untuk mengumpulkan federasi penerbit di seluruh dunia," kata Riza dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/5/22). 

Baca Juga: Hari Ini, Mengenal 17 Mei Sebagai Hari Buku Nasional

Kongres ini, lanjut Riza, akan menjadi tahap awal menentukan perkembangan industri penerbitan dan perbukuan di Indonesia, khususnya di Jakarta. 

Riza memaparkan, Indonesia adalah negara yang memiliki industri penerbitan paling produktif di Asia Tenggara pada tahun 2019 dan sejak 10 tahun terakhir.

"Pada tahun 2020, Jakarta telah berkontribusi 25 persen koleksi digital nasional dan telah mendaftarkan sebanyak 14,906 ISBN," kata Riza. 

Sementara itu Chair Jakarta Book City, Lauran Bangun Prinsloo selaku ketua pelaksana mengatakan, banyak dinamika pada industri penerbitan selama pandemi Covid-19. 

Ia beharap forum ini bisa menjadi medium bertukar pikiran dari 86 organisasi penerbit yang menjadi bagian dari IPA. 

"Kami harap kongres ini bisa mendatangkan penerbit-penerbit besar yang sudah maju dan mengadaptasi fenomena (Covid-19) ini agar kami bisa belajar dan sama-sama menemukan solusi dari banyaknya problem di industri perbukuan kita," kata Laura. 

Baca Juga: Gunakan Pedati, Robianto Jajakan Buku Bacaan Gratis



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x